nusabali

Kunjungan ke Pantai Melasti Terus Merosot

  • www.nusabali.com-kunjungan-ke-pantai-melasti-terus-merosot

Pada awal pembukaan kembali, Juli 2020 lalu, pengunjung tercatat 500–1.000 orang per hari. Sebulan terakhir hanya 200–500 orang per hari.

MANGUPURA, NusaBali

Pengelola Pantai Melasti, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung mengakui kunjungan ke objek wisata tersebut terus merosot semenjak dibuka pada Juli 2020 lalu. Angka penurunan bahkan jauh di bawah rata-rata kunjungan pada awal pembukaan.

Asisten Manajer Pengelola Objek Wisata Pantai Melasti I Made Wijana, menerangkan pada awal pembukaan pada 1 Juli 2020 lalu, rata-rata 500 hingga 1.000 orang wisatawan per hari (Senin – Jumat) yang berkunjung ke objek wisata tersebut. Namun, sejak sebulan belakangan ini, kunjungan wisatawan terus menunjukkan tanda-tanda penurunan. Dari laporan yang diterimanya, kunjungan tersebut berada di angka 200 hingga 500 orang wisatawan saja per hari.

“Dari laporan harian ke saya, memang mengalami penurunan wisatawan. Dampak penurunan itu, pendapatan di objek wisata Pantai Melasti juga berkurang,” ungkapnya, Minggu (27/9) siang.

Menurut Made Wijana, penurunan itu disebabkan berbagai faktor, termasuk saat ini kondisi penyebaran Covid-19 di Pulau Dewata masih tinggi. Sehingga, wisatawan domestik kembali mengurungkan niatnya untuk berwisata. Selain itu, imbauan dari pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. “Imbauan dari pemerintah sudah kita terapkan di objek wisata ini, utamanya penerapan protokol kesehatan. Namun, semuanya kembali ke masyarakat atau wisatawan. Apalagi, saat ini yang banyak berkunjung ke Pantai Melasti adalah wisatawan domestik,” ujar Made Wijana.

Untuk diketahui, dalam pencatatan selama tiga pekan pertama pasca pembukaan pada awal Juli lalu, kunjungan wisatawan pada hari Senin hingga Jumat berada di kisaran 500 hingga 1.000 orang. Sementara, untuk hari libur atau akhir pekan (Sabtu dan Minggu) berada pada angka 2.000 hingga 4.000 wisatawan. Total kunjungan wisatawan tersebut mengalami penurunan setelah wabah global Covid-19. Jika sebelum pandemi kunjungan rata-rata per harinya sekitar 800 hingga 1.500 orang.

“Total pengunjung objek wisata Pantai Melasti dalam tiga pekan pertama saat pembukaan mencapai 35.062 orang. Rinciannya, ada 4.423 wisatawan mancanegara dan 30.639 wisatawan domestik. Namun, sejak sebulan ini sudah turun drastis,” kata Made Wijana.

Sementara, untuk protokol kesehatan di objek wisata Pantai Melasti, manajemen sudah menempatkan petugas khusus untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh para pengunjung, menyiapkan tempat cuci tangan di sejumlah titik, serta mengimbau para wisatawan untuk tetap jaga jarak, dan menggunakan masker. Bahkan, ada juga petugas yang melakukan patroli dan memeriksa wisatawan yang mengabaikan protokol kesehatan. *dar

loading...

Komentar