nusabali

Kabel Milik PLN Diduga Korsleting, Toko Modern di Kutsel Nyaris Terbakar

  • www.nusabali.com-kabel-milik-pln-diduga-korsleting-toko-modern-di-kutsel-nyaris-terbakar

MANGUPURA, NusaBali
Satu unit toko modern yang berlokasi di Jalan Darmawangsa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan (Kutsel), Badung, nyaris terbakar pada Kamis (24/9) malam.

Penyebabnya, kabel PLN yang melintang di atasnya terbakar dan jatuh tepat bagian atap di toko tersebut. Beruntung, kejadian itu cepat diketahui dan dilaporkan ke petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung.

Informasi yang dihimpun dari salah seorang petugas pemadam kebakaran Kabupaten Badung, insiden kebakaran kabel milik PLN yang melintang di atas toko modern di Jalan Darmawangsa itu terjadi pada Kamis sekitar pukul 20.30 Wita. Saat itu, masyarakat berbelanja seperti biasa di toko modern. Namun tiba-tiba, kabel listrik yang melintang di atas toko mengeluarkan percikan api. Pengguna jalan yang melintas melihat kejadian itu dan melaporkan ke pegawai toko modern agar segera mengevakuasi seluruh pelanggan ke luar dari toko.

“Saat kejadian, orang yang ada di dalam toko tidak mengetahui. Sampai akhirnya kabel itu meleleh dan jatuh ke bagian atap toko. Untungnya, ada warga yang memberitahu untuk segera menghubungi petugas pemadam,” ungkap salah seorang petugas pemadam.

Kejadian tersebut, lanjut dia, membuat panik pengunjung toko. Kemudian warga sekitar menghubungi petugas pemadam kebakaran. Satu unit mobil pemadam dari Pos Benoa dikerahkan ke lokasi dan melakukan pemadaman. “Saat tiba di lokasi, sejumlah pegawai toko tersebut sudah berusaha menjinakkan api dengan APAR (alat pemadam api ringan). Kemudian, tim pemadam juga turun dan langsung melakukan penyemprotan di bagian atap. Sehingga api cepat ditangani dan tidak meluas,” imbuhnya.

Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Badung I Wayan Wirya mengemukakan, insiden itu cepat dilaporkan, sehingga petugas tiba tepat waktu dan melakukan penanganan. Kebakaran pun berhasil ditangani dan tidak meluas.

“Laporan cepat dari masyarakat membuat tim kami bergerak lebih cepat. Sehingga mencegah kebakaran meluas. Peran serta dari masyarakat melapor kejadian kebakaran sangat diperlukan. Hal ini semata agar petugas juga cepat bergerak,” ujar Wirya, Jumat (25/9).

Sementara itu, Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan Kuta, Ida Bagus Surya Respati yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon terkait insiden kebakaran itu, menyatakan kebakaran kabel tersebut diduga kuat karena hubungan pendek arus listrik (korsleting). “Dugaannya karena ada korsleting pada kabel. Sehingga kabel terbakar,” tuturnya. *dar

loading...

Komentar