nusabali

Rilis 'Sejenak Saja', Damar Ajak Berdamai dengan Diri Sendiri dan Alam

  • www.nusabali.com-rilis-sejenak-saja-damar-ajak-berdamai-dengan-diri-sendiri-dan-alam

DENPASAR, NusaBali
Sudah tujuh bulan pandemi Covid-19, rasa rindu ingin bertemu sudah tak terbendung lagi.

Atas dasar kerinduan pada teman-teman sekaligus mencoba mengingatkan diri terhadap adanya pandemi, I Gusti Bagus Kusuma Atmaja alias Damar Project melahirkan satu single berjudul ‘Sejenak Saja’ yang dirilis belum lama ini. Menariknya, ini adalah single pertama berbahasa Indonesia yang diciptakan oleh Damar merespon pandemi yang belum pasti kapan akan berhenti.

Dia menamai project-nya kali ini dengan nama Damar Project, karena ingin seperti artinya. Damar berarti lampu atau cahaya. Damar yang dibutuhkan saat ini adalah berdamai dengan diri. Maka, lahirlah single berjudul ‘Sejenak Saja’ yang kisahnya lebih banyak menggambarkan bahwa pandemi adalah cara alam untuk beristirahat dan menyeimbangkan diri.

“Lagu yang saya tulis ini sebagai pengingat diri untuk menghargai alam bekerja. Saya tidak mau berkonflik dengan siapapun tentang polemik pandemi yang terjadi saat ini. Saya anggap ini adalah cara alam untuk beristirahat sejenak dari polusi yang telah kita buat sehari-harinya,” ujar Damar saat dihubungi NusaBali, Rabu (23/9).

Pria asal Karangasem tersebut menuturkan, sejujurnya lagu ini juga bercerita tentang kerinduannya terhadap hidup normal dan bertemu teman-teman. Pandemi seolah ‘memaksa’ masyarakat untuk diam di rumah saja. Masyarakat tidak diperkenankan membuat kerumunan dan keramaian untuk sementara waktu. “Dasarnya memang karena sudah kangen sekali sama teman-teman. Semoga situasi seperti ini tidak lama, dan kita bisa hidup seperti sedia kala,” ungkapnya.

Damar menuturkan, proses kreatif pembuatan single ‘Sejenak Saja’ terbilang singkat. Lagu tersebut ia ciptakan pada 8 September 2020 lalu. Recording dan mixing mastering dilakukan di L16 Home Studio Recording. Kemudian, ia dan kawan-kawan langsung tancap gas syuting video klip yang mengambil lokasi di rumahnya di Karangasem, Bukit Cinta Karangasem, dan Hutan Pinus Karangasem. “Proses kreatifnya singkat. Saya launching lagunya di YouTube tanggal 12 September kemarin,” jelas Damar.

Damar berharap, kehadiran single ‘Sejenak Saja’ ini tidak saja bisa diterima oleh masyarakat Bali. Namun juga masyarakat Indonesia, karena lirik lagunya dibuat berbahasa Indonesia. Dia juga berharap, dalam menghadapi masa pandemi, masyarakat bisa bersabar dan lebih banyak instrospeksi diri. “Saya berharap teman-teman tetap produktif berkarya selama di rumah saja. Semoga pandemi ini cepat berlalu, dan kita bisa segera menatap wajah teman dan orang-orang tersayang tanpa perlu tertutup masker lagi,” tandasnya. *ind

Komentar