nusabali

Kodam IX/Udayana Gelar Donor Darah di 100 Kantor PMI

  • www.nusabali.com-kodam-ixudayana-gelar-donor-darah-di-100-kantor-pmi

DENPASAR, NusaBali
Memperingati HUT TNI ke-75 pada 5 Oktober 2020, Kodam IX/Udayana menggelar donor darah serentak di 100 kantor PMI di tiga wilayah, yakni Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, pada Selasa (22/9).

Kegiatan yang bekerja sama dengan PMI ini mengambil tema ‘Darahku Mengalir Untuk Negeriku’.  Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara, mengatakan kegiatan donor darah ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di bidang penyediaan darah. Ini merupakan bagian dari sinergi untuk negeri. Kegiatan ini juga berkaitan dengan situasi Covid-19 saat ini. Pasien yang terpapar Covid-19 membutuhkan banyak darah segar.

"Kegiatan donor darah bukan hanya dilaksanakan di Denpasar saja, tetapi dilaksanakan di 100 kantor PMI yang ada di wilayah Provinsi Bali, NTB, dan NTT," tutur Pangdam saat membuka acara HUT ke-75 TNI tahun 2020, di Makesdam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (22/9).

Sementara Kepala UDD PMI Provinsi Bali, dr I Gede Wiryana Patra Jaya MKes menyambut baik kegiatan donor darah tersebut. Pada kondisi Covid-19 ini setiap hari di Bali membutuhkan minimal 120 kantong darah. Dia berharap agar lebih banyak lagi instansi yang melaksanakan kegiatan serupa.

"Kondisi terburuk kebutuhan darah terjadi pada April dan Mei kemarin. Di mana permintaan darah dari rumah sakit hanya bisa memenuhi sebanyak 60 persen. Kemudian di buka new normal mulai bergerak dan baru bisa memenuhi sebanyak 80 persen," tuturnya.

Hasil kegiatan darah yang digelar di Makesdam kemarin berhasil mengumpulkan 75 kantong darah. Golongan darah A sebanyak 22 kantong, golongan darah B sebanyak 14 kantong, golongan darah AB sebanyak 5 kantong dan golongan darah O sebanyak 34 kantong. *pol

loading...

Komentar