nusabali

Shin Tae-yong Dinilai Berani Uji Timnas dengan Lawan Berat

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-dinilai-berani-uji-timnas-dengan-lawan-berat

JAKARTA, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dinilai berani memilih lawan yang berat untuk Timnas Indonesia U-19.

Yakni, melawan Bulgaria, Kroasia, Arab Saudi, dan Qatar. Padahal atas kertas, level keempat negara tersebut di atas Timnas U-19.


"Saya agak heran Shin Tae-yong berani memilih lawan yang berat di masa persiapan. Tentu, rsikonya kalah dengan selisih banyak gol jika menghadapi lawan yang lebih berat," ujar pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.

Ya, hasilnya tim Garuda Muda memang mampu menunjukkan perkembangan. Setelah dibantai Bulgaria 0-3 dan Kroasia 1-7, Timnas U-19 mampu mengimbangi Arab Saudi 1-1, kemudian mengalahkan Qatar 2-1.

"Makanya, banyak tim-tim yang biasanya pada masa persiapan, mereka membangun kondisi fisik dan rata-rata akan berhadapan dengan tim yang di bawahnya," kata RD, sebutan Rahmad Darmawan.

RD menghargai pilihan Shin Tae-yong menguji Timnas U-19 dengan lawan yang lebih berat. Dengan menghadapi tim yang levelnya di atas, para pemain akan terbiasa bermain secara kompetitif. Menurutnya, Shin Tae-yong punya satu prinsip atau seni melatih berbeda.

"Mungkin karena dia mau sekaligus memberikan pengalaman kepada pemain-pemain muda untuk membiasakan diri menghadapi tim-tim yang kualitasnya ada di atas," kata RD.

Rahmad pun memaklumi Timnas U-19 tidak bisa meraih hasil maksimal selama berlatih tanding di Kroasia. Sebab, lawan uji coba tim berjulukan Garuda Muda ini berada satu level di atas. Para pemain juga masih dalam proses meningkatkan kondisi fisik.

"Yang pasti, saya tidak begitu peduli dengan hasil di masa persiapan. Karena Shin Tae-yong masih dominan membangun kondisi fisik para pemain," kata RD.

Sebagai pelatih, Rahmad paham betul dengan kondisi para pemain setelah digenjot latihan ketat. Kondisi ini berdampak pada permainan Timnas U-19 yang masih jauh dari kata sempurna. *

Komentar