nusabali

Kemendikbud Gelar Lomba Pembelajaran di Masa Pandemi

  • www.nusabali.com-kemendikbud-gelar-lomba-pembelajaran-di-masa-pandemi

DENPASAR, NusaBali
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Pendidikan Karakter (Puspeka) menyelenggarakan Lomba Blog dan Vlog bertemakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

Lomba ini merupakan rangkaian seri webinar yang diadakan Puspeka Kemendikbud pada bulan Agustus 2020. Kepala Puspeka Kemendikbud, Hendarman, mengatakan, kompetisi ini menjadi wadah penyaluran kreativitas dan berekspresi bagi generasi milenial dan generasi Z dalam menulis serta membuat video. Hal tersebut diterangkan Hendarman melalui sambungan telepon di Jakarta, Sabtu (12/9).

Diadakannya lomba ini bertujuan untuk memperluas publikasi dari substansi rangkaian webinar kurikulum kondisi khusus dan relaksasi pembelajaran tatap muka di zona kuning. Selain itu, lomba ini juga memberikan wadah berekspresi dan berkompetisi bagi para penulis blog dan pembuat vlog, serta memberikan variasi dan pemicu daya tarik agar peserta tetap setia mengikuti webinar selanjutnya. Dan yang tidak kalah penting lomba ini untuk menyampaikan pesan praktik baik terkait kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Lomba akan digelar dalam enam kategori jadi empat kategori peserta, yaitu siswa SMP sederajat, siswa SMA/SMK sederajat, pendidik, dan umum. Hendarman mengajak para peserta didik, pendidik, dan masyarakat berbagi informasi dan cerita inspiratif mengenai pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Dengan demikian, semua tripusat pendidikan yang mengikuti kegiatan ini dapat menyalurkan bakatnya dan menjawab kebutuhan zaman untuk meningkatkan peran seluruh elemen masyarakat dalam membangun karakter profil Pelajar Pancasila.

Para peserta dapat mengirimkan karyanya untuk mengikuti lomba vlog dengan mengunggah ke media sosial Instagram dan memberikan tagar #CerdasBerkarakter, #VlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah.

Sedangkan untuk mengikuti lomba blog peserta dapat mengunggah karya ke laman Blogger, Wordpress, atau akun Facebook dengan mencantumkan tagar #CerdasBerkarakter, #BlogBerkarakter, #SeruBelajarKebiasaanBaru, dan #BahagiaBelajardiRumah.

Seluruh hasil karya peserta wajib diunggah melalui laman Puspeka Kemendikbud: cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id. Pengiriman karya dapat dilakukan mulai tanggal 30 Agustus 2020 sampai dengan 17 September 2020. Seluruh karya yang masuk akan dikurasi dan diseleksi untuk menentukan pemenang masing-masing kategori yang akan diumumkan pada 26 September 2020. Enam pemenang akan mendapatkan hadiah gawai dan 20 karya terbaik pada masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah menarik. *

Komentar