nusabali

Air Danau Beratan Tercemar

  • www.nusabali.com-air-danau-beratan-tercemar

Jika BOD tinggi atau melebihi ambang batas maka tumbuhan dan hewan yang hidup di air terancam mati.

TABANAN, NusaBali

Hasil uji sampel air Danau Beratan di Kecamatan Baturiti, Tabanan pada tri wulan kedua menunjukkan adanya pencemaran. Namun Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tabanan mengklaim pencemaran air Danau Beratan masih dalam kategori aman. Uji sampel air Danau Beratan ini dilakukan di UPT Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Bali pada 7 April 2016.

Petugas Laboratorium BLH Tabanan, Sigit Adi Purwanto menjelaskan hasil uji sample air diterbitkan pada tanggal 7 April 2016. Hasil itu termasuk berisi catatan kadar COD (Chemycal Oxygen Demand). COD merupakan kebutuhan oksigen kimia untuk reaksi oksidasi terhadap bahan buangan di dalam air. “Hasil laboratorium menunjukkan kadar COD masih di bawah baku mutu pada tri wulan pertama. Begitu tri wulan kedua, hasilnya parah, kadar COD melebihi baku mutu,” ungkap Sigit, Jumat (14/10).

Diterangkan, berdasarkan hasil uji laboratorium, kadar COD pada air Danau Beratan untuk kawasan dekat outlet 10,00 mg/L, dekat areal rekreasi 10,00 mg/L, kawasan tengah 10,00 mg/L, kawasan dekat pertanian adalah 20,00 mg/L, dan dekat hutan 10,00 mg/L. Itu menunjukkan kadar COD di Danau Beratan masih di bawah baku mutu COD yaitu 25,00 mg/L. Sigit mengatakan, tingginya kadar COD pada kawasan dekat pertanian disebabkan adanya penumpukan subtansi pupuk kimia yang dihasilkan pertanian sayur dekat danau. “Hal itu juga bisa karena sisa-sisa makanan dan bahan bakar boat,” terangnya.

Namun jika dilihat dari paramater BOD (Biological Oxygen Demand) atau kebutuhan oksigen biologis untuk memecah bahan buangan dalam air, air Danau Beratan cukup memprihatinkan. Dari baku mutu danau dan sungai yakni 3 mg/L, kadar BOD kawasan dekat outlet 3,72 mg/L, dekat rekreasi 3,29 mg/L, kawasan tengah 3,22 mg/L, dekat pertanian 6,32 mg/L, dan dekat hutan 4,92 mg/L. Meningkatnya kadar BOD biasanya disebabkan air tercemar sampah organik. Sehingga oksigen oleh mikroorganisme untuk mengurai sampah organik akan meningkat bersama bertambahnya volume sampah. Jika BOD tinggi atau melebihi ambang batas maka berdampak tumbuhan dan hewan yang hidup di air terancam mati.

Sementara uji laboratorium air Danau Beratan pada triwulan kedua tahun 2016 dikeluarkan tanggal 28 Juni 2016. Kadar COD untuk kawasan outlet 29,52 mg/L, dekat areal rekreasi 19,68 mg/L, kawasan tengah 29,52 mg/L, kawasan dekat pertanian 19,68 mg/L, dan kawasan dekat hutan 46,96 mg/L. Sedangkan kadar BOD kawasan dekat outlet 8,55 mg/L, kawasan dekat areal rekreasi 3,55 mg/L, kawasan tengah 2,06 mg/L, dekat pertanian 3,36 mg/L, dan dekat hutan 11,96 mg/L.

Sigit menerangkan, BLH Tabanan hanya memiliki ranah sebatas pemantauan, sedangkan untuk mengetahui tingkat pencemaran masih perlu diadakan kajian lagi. “Untuk mengetahui apakah tingkat pencemaran airnya rendah, sedang atau berat masih perlu kajian lagi Ranah kami hanya sebatas pemantauan sesuai baku mutu,” tandasnya. cr61

Komentar