nusabali

Pimpin Panen Hasil Urban Farming, Ketua TP PKK Apresiasi Langkah Warga Kuta

  • www.nusabali.com-pimpin-panen-hasil-urban-farming-ketua-tp-pkk-apresiasi-langkah-warga-kuta

MANGUPURA, NusaBali
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Badung Seniasih Giri Prasta memimpin panen hasil urban farming alias pertanian perkotaan di salah satu lahan milik warga di Banjar Jaba Jero, Kelurahan/Kecamatan Kuta, pada Minggu (20/9) siang.

Seniasih Giri Prasta mengapresiasi langkah warga memanfaatkan lahan sempit untuk bercocok tanam.
“Upaya pemanfaatan lahan pekarangan ini sudah sangat dirasakan manfaatnya. Semuanya terlihat bagus, mudah-mudahan ini sebagai salah satu contoh di Kabupaten Badung, karena kita melihat di dalam pekarangan rumahnya terdapat semua tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan. Saya harapkan kepada ibu-ibu yang punya lahan sempit seperti ini, agar bisa memanfaatkan halamannya untuk menanam cabe, sayuran, dan sebagainya ataupun beternak ikan lele,” kata Seniasih Giri Prasta.

Dia juga mengingatkan agar ibu-ibu PKK berperan serta dalam upaya mencegah dan memutus penyebaran Covid-19. Untuk itu, diharapkan agar senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir serta menjaga jarak dan sebisa mungkin mengurangi kegiatan di luar rumah kalau tidak penting sekali.

“Aktivitas bercocok tanam di pekarangan rumah ini juga sebagai upaya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Sehingga, bisa berperan aktif dalam menekan risiko penyebaran virus,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Kuta I Nyoman Rudiarta mengapresiasi gerakan ibu-ibu PKK berupa urban farming dengan memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran. Diharapkan ini bisa menjadi contoh bagi seluruh masyarakat mengenai cara memanfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman yang bermanfaat, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.  Menurut Rudiarta, panen selanjutnya akan dilaksanakan di Kelurahan Seminyak. *dar

loading...

Komentar