nusabali

IB Negarayana Terima Gelar Renshi

  • www.nusabali.com-ib-negarayana-terima-gelar-renshi

DENPASAR, NusaBali
Penasehat KKI Bali, Ida Bagus Putra Negarayana mendapatkan gelar Renshi dari Guru Besar Kushin Ryu, Soke Horyu Matsuzaki Ph.D pada Sabtu (19/9).

Gelar tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Ketua Dewan Guru PP KKI, Sensei Ardy Ganggas yang juga Sekum FORKI Bali.

Gelar Renshi diterima IB Putra Negarayana atas dedikasinya selama ini ikut membesarkan KKI di Bali. Selain menerima gelar Renshi, IB Putra Negarayana yang juga Koordinator KKRYU Bali sebelumnya juga menerima ijazah Internasional dari WKKO (World Kushin Ryu Karate-do Organization) bersama lima orang lainnya.

Negarayana yang juga penyandang DAN IV Karatedo itu mengaku bersyukur mendapat sertifikat Gelar Renshi dari WKKO. Sertifikat Gelar Renshi dia terima secara resmi pada acara Pemantapan Pelatihan Wasit Juri KKI Bali tahap II, Minggu (23/8) lalu, di Wantilan Museum Pustaka Lontar Desa Wisata Dukuh Penaban, Karangasem.

Selain penyerahan ijazah DAN Internasional dari WKKO untuk enam orang Karateka KKI Bali, juga ada penyerahan Sertifikat Wasit Juri untuk 25 orang Wasit Juri KKI Bali.

Mendapatkan Gelar Rensi adalah kebanggaan bagi setiap karateka, apalagi Ijazah itu diberikan Soke Horyu Matsuzaki yang merupakan Presiden dari WKKO yang berkedudukan di Jepang. Sebab tidak semua karateka akan mendapatkan gelar Renshi, walaupun persyaraten tingkatan DAN terpenuhi.

Untuk itu, dia berharap, Keluarga Besar Kushin Ryu M. Karate-Do Indonesia (KKI) Bali ke depannya akan semakin kompak dan semakin berprestasi. Menurutnya yang paling penting bagi setiap karateka supaya memiliki kompetensi yang kuat, yaitu: memiliki pengetahuan, memiliki keterampilan dan memiliki sikap mental yang baik.

Makanya dia terus berkomitmen untuk ikut membesarkan KKI Bali. Bahkan wasit juri juga sudah dia fasilitasi lewat pelatihan. Sehingga KKI Bali kedepannya akan semakin siap jika menggelar kejuaraan. Mengingat, kualitas wasit juri yang dimiliki dalam memimpin pertandingan sudah semakin baik. Pria yang juga seorang dosen di Poltekpar Bali itu mengingatkan, dari pesan yang disampaikan Soke Horyu Matsuzaki bahwa, bagi siapa saja yang berkeinginan menguasai ilmu karate, pertama dan terpenting dia harus rendah hati, tidak iri hati, murah hati, tidak buruk sangka, dan harus berprilaku baik. Tak hanya itu seorang karateka juga harus memelihara ketenangan spritual, dan berusaha keras menjadi teladan bagi semua orang.

Dalam karate peranan seorang guru atau Sensei sangatlah penting dan sangat menentukan. Sensei adalah teladan yang mengajarkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari, serta mengayomi murid-muridnya. Sensei merupakan orang yang melatih, menjaga dan mengayomi dalam latihan selama bertahun - tahun, yang memberikan ilmunya sepenuh hati dalam berlatih Karate.

"Sensei mengajarkan kebaikan setiap waktu terhadap murid-muridnya tanpa mengharapkan penghargaan sebagai balas jasa, hanya berharap ilmu yang diajarkan dapat diterapkan oleh muridnya dengan sebaik-baiknya," terang IB Negarayana.

Sementara dikonfirmasi terpisah Wakil Ketua Dewan Guru PP KKI, Sensei Ardy Ganggas yang juga Sekum FORKI Bali menjelaskan telah menyerahkan ijazah kenaikan DAN Internasional dari WKKO. Penerima ijazah kenaikan DAN dari KKI Bali adalah: Ida Bagus Putra Negarayana DAN IV, Ni Nyoman Ayu Suka Asih DAN IV, Agus Krisna DAN IV, Ketut Murti DAN III, I Guati Agung Kartika DAN III termasuk Ardy Ganggas DAN VI. Dari 6 orang yang menerima ijazah kenaikan DAN dari WKKO, hanya satu orang IB Putra Negarayana yang mendapat gelar Renshi. *dek

Komentar