nusabali

KPU Karangasem Canangkan Pilkada Ramah Lingkungan

  • www.nusabali.com-kpu-karangasem-canangkan-pilkada-ramah-lingkungan

AMLAPURA, NusaBali
KPU Karangasem mencanangkan Pilkada Karangasem 2020 ramah lingkungan, dengan menanam pohon kelapa serentak di seluruh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara), dan mengurangi penggunaan APK (alat peraga kampanye) berbahan plastik.

Penanaman pohon kelapa gading secara simbolis dipimpin Ketua KPU Karangasem I Gede Krisna Adi Widana, dihadiri Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, dan segenap Ketua KPU se-Bali  yang dikemas dalam acara Green Election Pilkada Ramah Lingkungan, di Objek Wisata Museum Pustaka Lontar, Lingkungan Dukuh Bukit Ngandang, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Sabtu (19/9), pukul 16.00 Wita.

Gede Krisna Adi Widana mengatakan, KPU Karangasem berkomitmen agar seluruh jajaran KPU, PPK, PPS hingga KPPS di tingkat TPS, terlibat dalam gerakan Pilkada Karangasem 2020 ramah lingkungan. Agar nantinya bukan semata-mata menyukseskan pesta demokrasi, tetapi memberikan kontribusi terhadap kelangsungan kehidupan sosial masyarakat di kemudian hari.

“Makanya kami mengajak seluruh OPD (organisasi perangkat daerah), seluruh penyelenggara Pilkada Karangasem turut aktif menanam pohon kelapa gading, sehingga ke depan bermanfaat untuk kehidupan umat manusia. Pilkada akan lewat begitu saja, tetapi ada kenang-kenangan yang memberikan manfaat terhadap kehidupan sosial di masyarakat,” tambah  Gede Krisna Adi Widana.

Gede Krisna Adi Widana menambahkan, dipilihnya tempat acara di Objek Wisata Museum Pustaka Lontar, sebagai simbolis kedekatan KPU dengan pemilih, di samping dalam lontar yang dikoleksi ada lontar Asta Brata, berisikan delapan sifat-sifat kepemimpinan. Sehingga pemimpin yang lahir melalui proses Pilkada Karangasem 2020 agar saat menjalankan pemerintahan berpedoman kepada Asta Brata itu.

Dan tak kalah pentingnya, selama tahapan Pilkada Karangasem 2020 yang puncaknya 9 Desember, hendaknya tetap menjalankan protokol kesehatan.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, juga menyarankan agar penyelenggara Pilkada di tingkat KPU Kabupaten, PPK, dan PPS bahkan ke tingkat TPS —untuk di Karangasem ada 1.114 TPS— agar secara berkesinambungan menanam pohon, sehingga bumi jadi rindang dan bermanfaat untuk kehidupan.

“Di samping itu, kurangi buat baliho berbahan plastik. Sebab, petugas sangat rawan di masa pandemi Covid-19, melakukan pengecekan baliho hingga ke pelosok desa,” kata Lidartawan.

Selanjutnya Lidartawan berkomunikasi dengan petugas PPK di luar Karangasem melalui video conference, mengenai kesiapan menanam pohon di wilayahnya masing-masing.

Hadir di acara itu Kapolsek Karangasem Kompol I Ketut Suartika Adnyana, Bendesa Adat Dukuh Penaban, Kelurahan Karangasem, Jro Nengah Suarya, Ketua KPU Tabanan Jro Mangku Weda, Ketua KPU Denpasar Wayan Arsa Jaya, Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta, Relawan Demokrasi KPU Karangasem. *k16

loading...

Komentar