nusabali

Tim Gabungan Operasi Yustisi Prokes di Pelabuhan

  • www.nusabali.com-tim-gabungan-operasi-yustisi-prokes-di-pelabuhan

SEMARAPURA, NusaBali
Puluhan personel dalam tim gabungan dari Polres Klungkung, TNI dan Satpol PP menggelar Operasi Yustisi untuk memperketat disiplin protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Tim turun di Pelabuhan Tradisional Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (18/9) pagi.

Operasi dipimpin Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa, bersama personel Operasi Aman Nusa II. Petugas langsung mengecek setiap pengunjung maupun warga sekitar, apakah mereka sudah menerapkan prokes mengenakan masker. Petugas hanya menemukan

beberapa warga yang memakai masker secara tidak benar. Di antaranya, masker berada di leher, tidak menutup hidung, dan lainnya. "Kami berikan teguran supaya memakai masker dengan benar," ujar Kapolres AKBP Viyasa.

Operasi ini dilakukan untuk mencari warga yang tidak menerapakan prokes terutama yang tidak menggunakan masker. “Operasi ini berlangsung beberapa hari kedepan untuk memastikan masyarakat yang  beraktivitas di luar rumah untuk tetap menggunakan masker," katanya.

Operasi Yustisi Covid-19 juga serangkaian penegakan Pergub Nomor 46 Tahun 2020, juga mengimbau masyarakat yang menyeberang menuju Nusa penida untuk tetap menerapkan prokes Covid-19, agar menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan Menjaga Jarak).

Satsabhara Polres Klungkung juga menghentikan pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan masker di jalan raya Desa Kusamba. Personel menegur secara humanis kepada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan masker.

Hal tersebut dilakukan untuk menyadarkan masyarakat bahwa selain mentaati protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaranCovid-19, aturan dalam berlalu lintas juga harus untuk ditaati.

Sementara itu, jajaran Polres Gianyar juga menggelar operasi yang sama di Jalan Raya Astina Utara Gianyar, Kelurahan Gianyar, Gianyar, Jumat (18/9) pukul 09.30 Wita. Giat ini dipimpin Kabag Ops Polres Gianyar Kompol I Wayan Latra melibatkan belasan personel.

"Imbauan kepada masyarakat ini salah satu cara agar masyarakat mentaati prokes. Tertib di jalan raya harus diimbangi tertib pemakaian masker," ujarnya.

Selain mengimbau, polisi juga memberikan masker secara gratis kepada masyarakat. Karena terlihat masih ada pemakai jalan yang menggunakan masker sudah tidak layak pakai. ‘’Makanya kami berikan masker untuk pengganti," kata Kompol Latra

Selain imbauan penggunaan masker, polisi juga mengingatkan kepada para pengdara roda dua agar tertib penggunaan helm standar SNI demi keselamatan. "Bagi pengguna sepeda motor agar juga mengencangkan tali helm," ucapnya.

Wakapolres Gianyar Kompol Pius X Pebry Aceng Loda mengatakan pemakaian masker merupakan salah satu bentuk penerapan prokes penanggulangan penularan Covid-19. *wan,nvi

loading...

Komentar