nusabali

IBL-PSSI dan BNPB Sepakat Gelar Kelanjutan Kompetisi

  • www.nusabali.com-ibl-pssi-dan-bnpb-sepakat-gelar-kelanjutan-kompetisi

JAKARTA, NusaBali
Liga Bolabasket Indonesia (IBL) dan PSSI menanda tangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terkait penyelenggaraan kelanjutan kompetisi yang aman di tengah pandemi Covid-19.

Kerja sama tersebut bertujuan untuk memastikan, seluruh kegiatan, termasuk latihan dan kompetisi nantinya bakal berjalan sesuai dengan protokol kesehatan serta pengawasan dari dinas kesehatan di daerah setempat.

“Olahraga menjadi salah satu daya tarik setiap bangsa. Kami akan memberikan fasilitas untuk kelanjutan kompetisi,” ujar Kepala BNPB,  yang Kepala Satgas Penanganan Cocid-19 Doni Monardo di Jakarta, Kamis (17/9).

Untuk kegiatan tersebut, BNPB juga menyatakan siap memfasilitasi tes swab berkala sebagai salah satu kewajiban dalam melanjutkan kompetisi olahraga, termasuk Liga 1, Liga 2 dan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) yang digelar Oktober.

"Harus diperhatikan agar seluruh pemain dan ofisial untuk melakukan tes PCR (polymerase chain reaction) atau swab. Kami dari satgas akan memberikan fasilitas dan dukungan kepada penyelenggara, baik kepada pemain maupun unsur pendukung lain," kata Doni Munardo.

"Tes swab harus dilakukan secara berkala sehingga kita bisa memastikan seluruh peserta dan kegiatan berjalan dengan aman," kata Doni Monardo .

Hal itu tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) dan kerja sama antara PSSI dan IBL dengan BNPB tentang Penyelenggaraan Olahraga yang Aman Covid-19.

Liga 1 Indonesia yang dihentikan sejak Maret akhirnya mendapatkan lampu hijau kembali dilanjutkan mulai 1 Oktober. Demi meminimalisir penularan Covid-19, seluruh kompetisi dipusatkan di Pulau Jawa.

Demikian juga dengan IBL, yang mendapatkan izin baik dari Kemenpora maupun BNPB, akan kembali memutar kompetisinya di Mahaka Square Arena, Jakarta,13-27 Oktober dengan menerapkan pola “gelembung” seperti yang diterapkan NBA.

Meski digelar tanpa penonton, geliat kembalinya kompetisi dua pentas olahraga nasional tersebut diharapkan bisa menjadi energi bangsa di kala pandemi. *ant

Komentar