nusabali

Sekaa Teruna Bagikan Masker Saat Galungan

  • www.nusabali.com-sekaa-teruna-bagikan-masker-saat-galungan

GIANYAR, NusaBali
Sekaa Teruna Bina Warga Banjar Mas, Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar, bagikan masker gratis saat Hari Raya Galungan pada Buda Kliwon Dungulan, Rabu (16/9).

Anggota sekaa teruna siaga di pinggir jalan menyediakan masker bagi warga yang hendak sembahyang ke pura.


Ketua Sekaa Teruna Bina Warga Anak Agung Gede Garba Yogantara, mengatakan pembagian masker gratis dilakukan untuk memaknai perayaan hari suci Galungan. “Sekitar 300-an masker dibagikan kepada warga setempat maupun pengendara yang melintas,” ucapnya.

Bagi sekaa teruna, pembagian masker bisa dimaknai sebagai kemenangan dharma melawan adharma. “Kami sekaa teruna bekerja sama dengan Rare Angon Dekil Sayan bergerak melakukan yadnya, salah satunya membagikan masker kepada warga,” kata AA Yogantara.

Masker medis yang dibagikan sekitar empat box dan masker kain sekitar 100 lembar. Dengan dibantu 20 anggota pemuda yang telah selesai sembahyang, mereka langsung membagikan di beberapa titik seputaran Jalan Raya Sayan, Kecamatan Ubud. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kerumunan dan menghindari macet saat pengendara yang melintas mengambil masker.

“Kami bagi menjadi tiga titik, setiap ujung perbatasan banjar ada anggota membagikan masker. Selain itu, ada juga anggota kami yang keliling di seputaran banjar. Selanjutnya masker dibagikan kepada warga yang ada di seputaran banjar,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Perbekel Sayan Made Andika mengapresiasi karena sangat membantu masyarakat di tengah pandemi. Apalagi dengan ditetapkannya aturan warga akan kena denda jika tidak menggunakan masker. Maka salah satu solusinya dengan pembagian masker secara gratis.

“Ini dapat mengedukasi warga ataupun pengendara yang melintas, serta mengingatkan mereka agar setiap bepergian selalu mengenakan masker. Terlebih lagi membawa cadangan masker. Mengingat setiap desa kita juga dapat petakan mana zona merah atau tidak, sehingga perlu selalu waspada,” ujar Made Andika. *nvi

Komentar