nusabali

Rumput Laut Nusa Penida Kembali Menjadi Primadona

Pemkab Jajaki MoU Koperasi dengan Pengepul

  • www.nusabali.com-rumput-laut-nusa-penida-kembali-menjadi-primadona

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengumpulkan petani rumput laut di kediamannya, di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Rabu (16/9) malam.

Hadir Perbekel Desa Lembongan I Ketut Gede Arjaya. Menurut Bupati Suwirta, pada sekitar Juli 2018 terjadi kelangkaan rumput laut Nusa Penida. Saat ini, di masa pandemi Covid-19 sebagian masyarakat sudah kembali beralih matapencaharian menjadi petani rumput laut. “Terkait situasi tersebut, Pemkab sudah membuat MoU antara koperasi dengan pengepul,” ujar Bupati Suwirta.

Melalui titik ungkit yakni Nusa Penida yang sudah menjadi Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN), nantinya dana yang didapat sebagian akan digunakan untuk membuat pelatihan buat para petani rumput laut. “Mudah-mudahan dengan pengalaman pada masa pandemi Covid-19 ini, walaupun nanti apabila pariwisata sudah kembali normal, rumput laut jangan sampai ditinggalkan. Saya harap masyarakat Lembongan tetap semangat menjalani pekerjaan ini,” tandas Bupati Suwirta.

Disebutkan, sehebat apapun pariwisata, alternatif ekonomi di Lembongan terutama rumput laut harus tetap hidup dan dilanjutkan. “Sehingga ketika badai-badai lain datang, kita tidak lagi seolah-olah kehilangan segalanya,” ucap Bupati Suwirta.

Sebelumnya, Bupati Suwirta juga turun ke lapangan untuk turut memetik sedikit rumput laut, pada Rabu sore.

Ketua Kelompok Budidaya Rumput Laut Segara Raksa, Desa Lembongan I Wayan Suwarbawa, mengatakan, untuk keberlanjutan budidaya rumput laut harus mempunyai strategi-strategi. Di antaranya dalam hal mempertahankan berbagai jenis bibit rumput laut, mengetahui lokasi, dan musim apa bibit bisa tumbuh.

Suwarbawa juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Suwirta beserta jajaran yang sudah sangat peduli terhadap perkembangan budidaya rumput laut. Dalam hal ini pemerintah dapat hadir dalam rangka penyesuaian harga rumput laut di pasaran. *wan

loading...

Komentar