nusabali

PDAM Denpasar Genjot Pembangunan Reservoir

Upaya Wujudkan Layanan Air 24 Jam untuk Warga Denpasar

  • www.nusabali.com-pdam-denpasar-genjot-pembangunan-reservoir

DENPASAR, NusaBali
Di tengah penanganan Pandemi Covid-19 (Virus Corona) PDAM Denpasar atau kini bernama Perumda Air Minum Tirta Sewaka Dharma Kota Denpasar terus merancang inovasi untuk pelayanan masyarakat.

Salah satu upaya untuk pelayanan 24 jam aliran air minum ke pelanggan, yakni dengan menggenjot pembangunan reservoir. Dirut Perumda Air Minum Tirta Sewaka Dharma Kota Denpasar, IB Gede Arsana, didampingi Direktur Teknik, Putu Yasa, saat diwawancarai, Kamis (17/9) menjelaskan Perumda Tirta Sewaka Dharma Kota Denpasar mengakui belum maksimalnya pelayanan air minum bagi pelanggan di beberapa titik. Sehingga guna memenuhi kebutuhan air selama 24 jam pembangunan reservoir atau penampungan air sementara terus digenjot.

“Pembangunan reservoir atau tempat penampungan air ini terus digenjot, hal ini sebagai upaya menjaga keseimbangan supply (pasokan) air ke pelanggan, di mana ketika kita kelebihan air dapat ditampung, dan kekurangan air tinggal disalurkan,” ujar IB Arsana

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini Perumda Air Minum Tirta Sewaka Dharma Kota Denpasar telah memiliki 5 reservoir yang telah beroperasi. Kelimanya, yakni di Waribang terdapat 2 reservoir dengan kapasitas masing-masing 2.700 meter kubik (m3), Reservoir Blusung dengan kapasitias 10.000 m3, Reservoir Tonja dengan kapasitas 3.400 m3, dan yang terbaru adalah Reservoir Serangan dengan kapasitas 300 m3.

Selain itu lanjut Arsana, tahun ini juga sedang dalam proses pembangunan reservoir yang berlokasi di Perumnas Monang Maning, Denpasar Barat yang direncanakan berkapasitas 1.000 m3. Ke depan juga turut direncanakan pembangunan dua reservoir baru yang akan berlokasi di wilayah Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan dan Kecamatan Denpasar Barat.

“Jadi pembangunan infrastruktur ini untuk memenuhi ketersediaan air bagi pelanggan selama 24 jam, utamanya saat musim kemarau yang kemungkinan terjadi penurunan debit air di waktu tertentu, dan untuk dua reservoir baru saat ini masih pada proses pengerjaan DED,” ujar IB Arsana.

Tak berhenti sampai di sana, ke depan juga akan dirancang maksimalisasi Dam Mertagangga dengan debit sebesar 100 liter/detik guna memenuhi ketersediaan air baku dalam rangka mensupply air di tiga wilayah, yakni Desa Padangsambian Kaja, Ubung dan Ubung Kaja.

“Tentu dengan selesainya pembangunan reservoir dan maksimalisasi Dam Mertagangga ini ke depan diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat dimaksimalkan, dan pemenuhan kebutuhan air dapat dilaksanakan satu hari penuh,” pungkasnya. *mis

Komentar