nusabali

Puskesmas Mengwi I dan III Kembali Beroperasi

  • www.nusabali.com-puskesmas-mengwi-i-dan-iii-kembali-beroperasi

Kasus positif Covid-19 di Badung dalam sehari, Kamis (17/9), bertambah sebanyak 17 kasus.

MANGUPURA, NusaBali
Setelah ditutup karena sejumlah tenaga kesehatan (nakes) dinyatakan terpapar Covid-19, Puskesmas Mengwi I dan Puskesmas Mengwi III sudah kembali beroperasi.

“Setelah dilakukan penutupan selama 14 hari, kini Puskesmas Mengwi I dan Puskesmas Mengwi III sudah beroperasi lagi. Namun, karena masih suasana libur Hari Raya Galungan, jadi besok (hari ini) baru efektif beroperasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Badung dr Nyoman Gunarta, Kamis (17/9).

Menurut dokter asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, itu para nakes di dua puskesmas tersebut telah menjalani tes swab dan hasilnya negatif. “Sehingga mereka sudah bisa bertugas kembali,” imbuh dr Gunarta.

Sekadar mengingatkan penutupan pelayanan di Puskesmas Mengwi I yang berada di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, ditutup selama 14 hari. Penutupan ini dilakukan lantaran ada empat orang nakes dinyatakan positif Covid-19, yakni seorang dokter dan tiga orang perawat. Penutupan pelayanan dimulai pada Rabu (2/9) hingga Selasa (15/9). Pelayanan yang ditutup di antaranya pelayanan UGD, pertolongan persalinan (VK), dan ruang rawat inap. Sedangkan untuk pelayanan di poliklinik tetap buka seperti biasa.

Sementara, di Puskesmas Mengwi III yang berlokasi di Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi, terpaksa ditutup seluruh pelayanannya lantara ada tiga orang nakes yang dinyatakan positif Covid-19, yakni satu dokter, satu perawat, dan satu CS (cleaning service). Penutupan pelayanan di Puskesmas Mengwi III juga berlaku 14 hari, yakni dari Rabu (2/9) hingga Selasa (15/9). Untuk pelayanan sementara dialihkan ke puskesmas pembantu (Pustu) terdekat. Untuk kegawatdaruratan pelayanan UGD 24 jam diarahkan ke Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada di Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung.

Secara terpisah, Koordinator Bidang Kehumasan GTPP Covid-19 Badung IGN Gede Jaya Saputra juga mengungkapkan kasus positif Covid-19 dalam sehari kemarin bertambah sebanyak 17 kasus. “Hari ini (kemarin) ada penambahan 17 kasus positif sehingga total kasus positif Covid-19 di Badung kini menjadi 1.129 orang, 253 orang berstatus PDP, 291 orang berstatus ODP, 569 orang berstatus OTG, 16 orang PMI,” ungkapnya.

Penambahan 17 kasus positif tersebut 9 orang berstatus ODP yakni dari Desa Sembung (Mengwi) 2 orang, Desa Tumbak Bayuh (Mengwi) 1 orang, Desa Gulingan (Mengwi) 1 orang, Desa Mengwitani (Mengwi) 1 orang, Desa Mengwi (Mengwi) 1 orang, Kelurahan Kedonganan (Kuta) 1 orang, Kelurahan Kuta (Kuta) 1 orang, Desa Abiansemal (Abiansemal) 1 orang. Kemudian 6 orang berstatus PDP yakni dari Kelurahan Jimbaran (Kuta Selatan) 2 orang, Kelurahan Benoa (Kuta Selatan) 1 orang, Desa Sangeh (Abiansemal) 1 orang, Desa Abiansemal (Abiansemal) 1 orang, dan Desa Gulingan (Mengwi) 1 orang. Dan 2 orang lagi berstatus OTG yakni dari Desa Pelaga (Petang) 1 orang dan Desa Blahkiuh (Abiansemal) 1 orang. *asa

loading...

Komentar