nusabali

Ingin Steak yang Sempurna? Ketahui Cara Pilih Daging

  • www.nusabali.com-ingin-steak-yang-sempurna-ketahui-cara-pilih-daging

Siapa yang tidak mengenal steak? Makanan yang terbuat dari daging ini memiliki tempat khusus di hati para pecintanya. Hidangan ini seringkali menjadi pilihan hidangan untuk keluarga maupun kalangan anak muda.

DENPASAR, NusaBali.com
Orang Indonesia sendiri menyukai steak karena penyajiannya yang mirip dengan sate. Makanan western ini kerap menjadi menu favorit di rumah makan. Bahkan saat ini sudah banyak rumah makan yang khusus menyajikan steak. 

Jika anda sangat menyukai steak, anda bisa memasaknya sendiri di rumah. Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini. Selain anda lebih yakin dengan kehigienisannya, memasak steak sendiri juga memberikan pengalaman yang menyenangkan. Agar masakan steak anda semakin lezat dan berkesan, anda sebaiknya mengikuti beberapa tips  berikut ini. 

Tips Memilih Daging Steak 

1. Perhatikan Bintik Putih Lemak & Ketebalan

Jika anda ingin steak yang anda masak menjadi lebih segar dan empuk, anda sebaiknya memilih daging yang punya banyak bintik putih lemak (marbling). Bintik-bintik putih ini akan meleleh ketika dimasak sehingga memperkaya rasa yang meresap ke dalam daging. Anda juga sebaiknya memilih daging yang memiliki ketebalan yang rata minimal setebal 1 inci. 

2. Ketahui Potongan Daging Steak 

Tidak semua potongan daging sapi bisa dijadikan steak. Beberapa potongan daging sapi yang enak dibuat steak adalah sirloin, wagyu, rib eye, T-Bone, salisbury, tenderloin, dan porterhouse. Anda bisa bertanya kepada tukang daging atau toko daging dimana anda membeli daging yang manakah potongan daging steak terfavorit. Jawabannya kemungkinan besar adalah rib-eye. 

Rib-eye memang memiliki segalanya dalam hal kesegaran rasa dan kelembutan daging. Hal ini pun diakui oleh Bill Fuchs dari Wagsal. Rib-eye memang tidak selembut loin namun kaya dengan rasa. 

3. Ketahui Perbedaan Kualitas Daging Sapi 

Anda sebaiknya mengetahui perbedaan antara natural, enhanced, atau organik. Daging sapi “enhanced” artinya daging sapi telah disuntik dengan aditif (seperti pelunak, perasa, atau larutan garam agar daging sapi lebih lembab). Sedangkan daging sapi “natural” artinya daging sapi sudah diproses secara minimal tanpa tambahan pewarna, aditif atau pengawet. 

Daging sapi “organik” bersertifikat harus memenuhi standar standar program organik nasional USDA 2002. Ini berarti bahwa sapi harus benar-benar diberi makan dengan menggunakan pakan organik serta tidak boleh diberikan hormon pertumbuhan/antibiotik serta harus makan rumput secara langsung di padang rumput.

4. Jangan Potong Lemak Daging 

Anda sebaiknya tidak memotong lemak dari daging  yang anda beli. Lemak ini membantu menjaga daging steak agar tetap lembab dan bentuknya tetap bertahan selama dimasak. Selain itu, lemak juga bisa menambah kelezatan daging. Setelah steak matang, anda pun bisa memotong lemak daging yang berlebih sebelum disajikan. 

Jenis Potongan Daging Terbaik untuk Steak


5. Gunakan Termometer untuk Memasak 

Apakah anda ingin steak dimasak dengan sempurna? Jika iya, anda sebaiknya menggunakan termometer. Rasanya tidak ada yang lebih baik untuk digunakan selain termometer instant-read untuk memastikan bahwa steak anda telah dimasak secara sempurna. Menggunakan termometer jauh lebih baik dibandingkan menduga-duga waktu memasak. 

6. Ketahui Grade/Kelas Steak 

Semakin rendah kelas suatu maka dagingnya semakin tidak berlemak dan semakin liat. Prime merupakan kelas atas. Menurut konsumen sejauh ini, mungkin hanya ada dua nilai yaitu choice dan select. Choice merupakan kelas yang lebih tinggi dari keduanya. 

7. Ketahui Cara Masak Setiap Jenis Daging 

Chuck dan Round merupakan bagian sapi yang agak liat sedangkan Rib dan Loin tidak begitu. Jika anda membeli bagian daging Chuck atau Round, anda sebaiknya membumbuinya (merendam dalam bumbu) kemudian dimasak secara perlahan dalam cairan agar empuk. 

Anda juga sebaiknya tidak memasak steak chuck di atas panggangan. Jika anda memilih bagian loin/pinggang atau tukang daging memberi tahu anda bahwa steak dipotong dari bagian loin/pinggang (strik steak, porterhouse, atau T-bone) maka ini adalah bagian daging yang paling empuk. Begitu juga dengan rib/iga seperti rib-eye. Bagian ini bisa dimasak dengan waktu yang sangat cepat, bisa di panggangan, dalam oven atau bahkan dalam wajan di atas kompor. 

Ingin Beli Daging Segar? Beli di Suri Nusantara Jaya, Toko Daging Terbaik 
Jika anda ingin membeli daging sapi untuk memasak steak, anda bisa membelinya di Suri Nusantara Jaya (SNJ). SNJ merupakan importir dan distributor utama yang jual daging segar, daging beku maupun daging olahan yang berkualitas di Indonesia. Beberapa produk kami antara lain daging kambing, daging ayam, daging sapi dan daging kerbau. 

SNJ tidak hanya dikenal sebagai distributor daging namun juga penyedia layanan cold storage di Indonesia yang mendukung frozen food dan farmasi. SNJ berusaha menjadi perusahaan teknologi pangan, distribusi, dan penyimpanan terbesar di Indonesia. SNJ berusaha menyediakan layanan manajemen cold storage yang berkontribusi dalam ketahanan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. 

Ingin mendapatkan potongan daging terbaik untuk steak anda? Hubungi nomor telepon 087889246533 atau email ke [email protected] 
 
FAQ 

Apa yang menjadi keunggulan Suri Nusantara Jaya? 
-Tersertifikasi SNI & MUI, harga jauh lebih terjangkau, merupakan distributor untuk pembelian eceran dan grosir dan pengiriman lebih cepat. 

Mengapa menggunakan layanan Suri Nusantara Jaya Cold Storage? 
-Karena layanan SNJ cold storage telah berpengalaman sejak tahun 2016 dan hingga saat ini telah menjadi salah satu penyedia cold storage terbesar di Indonesia. 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers,  penyedia jasa SEO terpercaya untuk bisnis anda.

loading...

Komentar