nusabali

11 Desa di Karangasem Masuk Zona Hijau

  • www.nusabali.com-11-desa-di-karangasem-masuk-zona-hijau

GTPP Covid-19 Desa Abang melakukan tracing bersama petugas Puskesmas Abang I karena ada 7 warga positif corona.

AMLAPURA, NusaBali

Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, menggelar evaluasi perkembangan kasus corona di aula Kantor Dinas Kesehatan Karangasem, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Senin (14/9). Hasil evaluasi, sebanyak 11 desa dari 78 desa/kelurahan di Karangasem masuk zona hijau. Syarat masuk zona hijau, tidak ada lagi pasien positif Covid-19 dari desa bersangkutan, nihil probable, dan tidak ada warga menjalani karantina.

I Gusti Bagus Putra Pertama menjelaskan, banyaknya desa masuk zona hijau setelah pasien positif kondisinya berangsur membaik, tidak ada lagi penambahan Covid-19 yang signifikan, tinggal fase penyembuhan saja. Dari 11 desa yang dinyatakan masuk zona hijau, di antaranya Desa Pempatan (Kecamatan Rendang), Desa Sebudi (Kecamatan Selat), Desa Jungutan dan Desa Macang (Kecamatan Bebandem), serta Desa Tista dan Desa Datah (Kecamatan Abang). “Saya masih menghitung satu per satu desa yang memenuhi syarat sesuai ketentuan. Sementara saya menghitung 11 desa, tetapi nama desa baru saya masukkan daftar zona hijau yang baru saya temukan 6 desa,” kata I Gusti Bagus Putra Pertama yang juga Kadis Kesehatan Karangasem.

Desa yang masuk zona hijau diharapkan ke depan lebih mengetatkan pengawasan, warga mesti meningkatkan kewaspadaannya agar tidak lagi terulang munculnya kasus positif Covid-19. Sebab jika salah satu warga ditemukan positif, maka keluarga dan warga sekitarnya wajib menjalani karantina. “Sekarang warga telah merasakan, betapa beratnya menjalani perawatan bagi yang positif dan betapa beratnya bagi warga yang menjalani karantina mandiri, tidak boleh ke mana-mana selama 14 hari,” katanya.

Senin kemarin tercatat 3 kasus positif Covid-19 tersebar di tiga desa yakni Desa Bebandem Kecamatan Bebandem, Kelurahan Karangasem Kecamatan Karangasem, dan Desa Sinduwati Kecamatan Sidemen. Pasien sembuh hanya 2 orang, masing-masing dari Kelurahan/Kecamatan Karangasem dan Desa Nongan Kecamatan Rendang. Akumulasi terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 689 kasus, sebanyak 657 kasus transmisi lokal atau 96,62 persen, sedangkan 23 orang merupakan PPLN (pelaku perjalanan luar negeri) sebesar 3,38 persen, pasien yang sembuh terakumulasi 490 orang atau 72,06 persen, yang masih menjalani perawatan 177 orang atau 26,03 persen.

Terpisah, Ketua GTPP Covid-19 Desa Abang I Nyoman Sutirtayana, melakukan tracing bersama petugas Puskesmas Abang I karena ada 7 warga positif Covid-19. Ditemukan 5 orang kontak erat, tengah menjalani karantina mandiri. *k16

loading...

Komentar