nusabali

Kemarin Jalani Tes Kesehatan, Hari Ini Giri Prasta-Suiasa Pemeriksaan Psikologi

  • www.nusabali.com-kemarin-jalani-tes-kesehatan-hari-ini-giri-prasta-suiasa-pemeriksaan-psikologi

MANGUPURA, NusaBali
Pasangan incumbent I Nyoman Giri Prasta-I Ketut Suiasa, Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) Badung yang diusung PDIP bersama Golkar-Demokrat, menjalani tes kesehatan di Wing Amerta RSUP Sanglah, Senin (14/9).

Sedangkan tes psikologi bagi Giri Prasta-Suiasa akan dilaksanakan di tempat yang sama, Selasa (15/9) ini. Dalam tes hari pertama, Senin kemarin, pasangan Giri Prasta-Suiasa menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh selama 8 jam, sejak pagi pukul 07.00 Wita hingga sore pukul 15.00 Wita. Mereka datang ke Wing Amerta RSUP Sanglah dengan didampingi LO (penghubung)-nya, I Made Ponda Wirawan. Jajaran KPU Badung juga ikut mendampingi Giri Prasta-Suiasa.

Pasangan Giri Prasta-Suiasa ditangani oleh tim pemeriksa kesehatan yang diketuai dr I Wayan Wartawan. Sebelum memulai tes kesehatan, mereka lebih dulu ke Ruang Admisi untuk registrasi dan kemudian mengganti pakaian dengan jubah khusus untuk pemeriksaan kesehatan.

"Untuk hari ini (kemarin), dilakukan pemeriksaan kesehatan jasmani. Sedangkan besok (hari ini), jadwalnya pemeriksaan psikologi," ungkap Made Ponda Wirawan, anggota Fraksi PDIP DPRD Badung Dapil Kecamatan Abiansemal yang bertindak sebagai LO pasangan Giri Prasta-Suiasa.

Paparan senada juga disampaikan Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta alias Kayun. Menurut Kayun, proses pemeriksaan kesehatan dila-kukan oleh tim gabungan yang dibentuk oleh pihak RSUP Sanglah---yang ditunjuk KPU Badung sebagai rumah sakit yang memenuhi kriteria Tipe A. Tim gabungan ini terdiri dari unsur IDI, BNN, dan HIPMSI yang secara marathon melaksanakan pemeriksaan kesehatan.

Sesuai jadwal yang ditetapkan KPU, kata Kayun, pemeriksa kesehatan pasangan Giri Prasta-Suiasa dilakukan dua kali tahapan, yakni Senin dan Selasa. "Agenda hari pertama adalah pemeriksaan fisik dan narkotika. Sedangkan hari kedua dilanjut dengan pemeriksaan psikologi," papar Kayun

Kayun menegaskan, pemeriksaan kesehatan bagi pasangan Cabup-Cawabup merupakan sebuah keharusan untuk maju tarung ke Pilkada Badung 2020. "Ini sebuah keharusan yang dilalui bakal pasangan calon sebagai wujud memastikan kesehatan mereka,” tandas pegiat kepemiluan asal Deswa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Badung ini.

Hasil dari pemeriksaan kesehatan pasangan Giri Prasta-Suiasa, kata Kayun, selanjutnya akan diserahkan ke KPU Badung, 16-18 September 2020 nanti. KPU Badung nantinya juga akan verifikasi keabsahan dokumen pasangan incumbent, termasuk ijazah, dokumen tidak sedang dicabut hak pilihnya, tidak sedang memiliki tanggungan utang, dan surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana yang dikeluarkan oleh PN Denpasar.

Disebutkan, KPU Badung juga mendantangi kantor pajak untuk melakukan verifykasi pelaporan tahunan pajak penghasilan dan keterangan tidak mempunyai tanggungan pajak bagi Giri Prasta-Suiasa.

Pasangan Giri Prasta-Suiasa sendiri akan tarung menghadapi kotak kosong di Pilkada Badung, 9 Desember 2020 mendatang, karena sebagai paket calon tunggal. Ini setelah pasangan I Ggusti Ngurah Agung Diatmika-I Wayan Muntra terpental dari pencalonan, karena tidak mendapat rekomendasi dari Golkar yang memiliki 7 kursi DPRD Badung hasil Pileg 2019 atau 17,50 persen suara parlemen.

Masalahnya, Golkar beralih dukung Giri Prasta-Suiasa yang diusung PDIP. Setelah ditinggal Golkar, hanya Gerindra dan NasDem yang berta-han di Koalisi Rakyat Badung Bersatu (KRBB). Kekuatan Gerindra-NasDem cuma 3 kursi legislatif atau 7,50 persen suara parlemen, sehingga tidak memenuhi syarat minimal 20,00 persen suara parlemen untuk usung paket calon ke Pilkada.

Sebaliknya, incumbent Giri Prasta-Suiasa maju tarung ke Pilkada Badung 2020 dengan modal kekuatan politik awal 37 kursi legislatif atau 92,50 persen suara parlemen. Rinciannya, 28 kursi legislatif (70,00 persen suara parlemen) milik PDIP, 7 kursi legislatif (17,50 persen suara parlemen) milik Golkar, dan 2 kursi legislatif (5,00 persen suara parlemen) milik Demokrat.

Nyoman Giri Prasta adalah politisi asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung yang kini Ketua DPC PDIP Badung dan masih menjabat Bupati Badung 2016-2021. Sedangkan Ketut Suiasa adalah politisi asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung yang kini fungsionaris DPD PDIP Bali dan masih menjabat Wakil Bupati Badung 2016-2021. *asa

loading...

Komentar