nusabali

Contek Bali, Labuan Bajo Bakal Punya Tol

  • www.nusabali.com-contek-bali-labuan-bajo-bakal-punya-tol

JAKARTA, NusaBali
Pemerintah mengkaji pembangunan jalan tol untuk meningkatkan akses transportasi di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, sebagai daerah wisata super premium.

"Pemerintah sedang dalam proses pengkajian untuk pembangunan jalan tol di Labuan Bajo yang disesuaikan dengan dinamika perkembangan pembangunan di daerah wisata super premium itu," kata Kepala Biro Humas Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Marius Ardu Jelamu dikutip dari Antara, Sabtu (12/9).

Rencana ini dibahas dalam Rapat Koordinasi Badan Pengurus Jalan Tol Labuan Bajo, Kamis (10/9) lalu. Menurut Marius, ide itu datang pertama kali dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR yang turut hadir dalam rapat tersebut.

"Itu pendapat dari Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR ketika menghadiri Rapat Koordinasi Badan Pengurus Jalan Tol di Laboan Bajo beberapa hari lalu," ujar Marius kepada detikcom, Sabtu (12/9).

Selain Dirjen Bina Marga, pihak berkepentingan lain yang hadir dalam rapat tersebut adalah Badan Pengurus Jalan Tol (BPJT) dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur NTT Wakilnya Josef Nae Soi dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula.

Dalam pertemuan itu juga dibahas terkait kebutuhan infrastruktur jalan tol hingga pendanaanya. Untuk membangun tol ini, kata Marius, pendanaannya bakal dicari dari investasi pihak swasta.

"Pemerintah gandeng investor, terbuka untuk investor dalam maupun luar negeri," tambahnya.

Kebutuhan membangun jalan tol di Laboan Bajo merupakan komitmen untuk meningkatkan akses transportasi di Labuan Bajo mengikuti kebutuhan sosial dan ekonomi di masa mendatang. Apalagi, Laboan Bajo kini termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)."Kalau dinamika sosial dan ekonomi semakin maju maka bukan tidak mungkin di Labuan Bajo ke depannya bisa dibangun jalan tol," pungkasnya.

Ia mencontohkan seperti Bali sebelumnya tidak ada jalan tol, tetapi karena kebutuhan pertemuan negara APEC maka dibangun jalan tol dari bandara menuju Nusa Dua.

"Jadi disesuaikan dengan dinamika sosial ekonomi di Labuan Bajo. Kalau semakin maju dan membutuhkan transportasi yang cepat maka akan dibangun. Saat ini sedang dalam kajian pemerintah," katanya.

"Akses jalan di Labuan Bajo seperti dari bandara menuju Tanah Mori bisa saja suatu waktu dibangun jalan tol," katanya lagi.

Ia menjelaskan jalan tol merupakan investasi dari pihak swasta sehingga ke depan jika pemerintah menganggap perlu dibangun jalan tol di Labuan Bajo maka akan dikerjasamakan dengan investor baik di dalam atau luar negeri. *

loading...

Komentar