nusabali

Diduga Korsleting Listrik, Rumah Terbakar

  • www.nusabali.com-diduga-korsleting-listrik-rumah-terbakar

BANGLI, NusaBali
Rumah milik I Wayan Sayang, 70, di Subak Tupada, Banjar/Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Bangli, terbakar, Sabtu (12/9) sekitar pukul 17.15 Wita.

Kebakaran diduga dipicu korsleting listrik. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah.  Kasubbag Humas Polres Bangli, AKP Sulhadi, mengatakan kebakaran diketahui pertama kali oleh Wayan Sayang. Awalnya Wayan Sayang memperbaiki pipa saluran air untuk menyiram tanaman. Sedangkan istrinya sedang mencari rumput di ladang. Saat perbaiki saluran air, korban mendengar suara gemuruh. Pasangan suami istri itu bergegas kembali ke rumah. “Sampai di rumah api sudah besar, korban minta pertolongan untuk memadamkan api,” ungkap AKP Sulhadi, Minggu (13/9).

Pemadaman api dilakukan dengan alat seadanya. Lantaran api sudah membesar barang-barang yang ada di dalam rumah ludes terbakar. Barang yang terbakar yakni peralatan rumah tangga, mesin pertanian, cengkih kering, dan sejumlah uang. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian Rp 50 juta. Dari olah TKP, diduga pemicu kebakaran akibat korsleting listrik. Sementara itu, lahan seluas 30 are di Banjar Kubu Kangin, Desa/Kecamatan Kubu, Karangasem yang dipenuhi semak-semak, terbakar, Minggu (13/9). Petugas pemadam kebakaran Karangasem dengan 4 unit kendaraan bolak-balik ambil air untuk padamkan api. Petugas menghabiskan 10.000 liter air untuk pemadaman.

Kebakaran lahan ini diketahui pertama kali oleh warga setempat, I Ketut Gelgel. Menurutnya, api begitu cepat membakar semak-semak yang kering karena tiupan angin. Saksi kemudian melaporkan kebakaran itu ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem diterima I Nengah Suderesna. Sebanyak 13 petugas ke lokasi kejadian dengan 4 unit kendaraan. Petugas bolak-balik ambil air dan jarak cari air cukup jauh. Syukurnya kebakaran yang terjadi masih jauh dari pemukiman sehingga aman dari bahaya yang lebih luas.

Informasi di lapangan, penyebab kebakaran gara-gara ada warga yang bakar sampah hingga lahan milik I Made Erikandi terbakar. Api meluas hingga membakar lahan 30 are. Sebab bara api tertiup angin hingga api dengan cepat menjalar. Kapolsek Kubu, AKP I Nengah Sona bersama anggota turut memberikan bantuan, berbaur dengan petugas pemadam kebakaran, begitu juga anggota TNI dari Koramil Kubu. “Warga mesti hati-hati membakar sampah yang di sekitarnya ada semak-semak kering. Saat bakar sampah, sebaiknya awasi sampai api padam,” imbau AKP I Nengah Sona. *esa, k16

loading...

Komentar