nusabali

PHDI Karangasem Lantik Pengurus di 23 Desa

  • www.nusabali.com-phdi-karangasem-lantik-pengurus-di-23-desa

AMLAPURA, NusaBali
Ketua PHDI Karangasem, Dr Ni Nengah Rustini MAg, melantik kepengurusan PHDI Tingkat Desa di 23 desa, masing-masing di Kecamatan Abang sebanyak 14 desa dan Kecamatan Kubu sebanyak 9 desa.

Pelantikan digelar di aula Kantor Camat Abang, Banjar Abang Kelodan, Desa/Kecamatan Abang dan aula Kantor Camat Kubu, Banjar/Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Karangasem, Minggu (13/9).

Pelantikan dihadiri Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, Camat Abang Ida Bagus Eka Ananta Wijaya, Ketua PHDI Kecamatan Abang Ida Wayan Gangga, Camat Kubu Made Suratika, Ketua PHDI Kecamatan Kubu I Made Regeg, dan undangan lainnya. Di Kecamatan Abang menghadirkan 14 Ketua PHDI Tingkat Desa yakni Desa Ababi, Desa Abang, Desa Bunutan, Desa Culik, Desa Datah, Desa Kertha Mandala, Desa Kesimpar, Desa Labasari, Desa Nawakerti, Desa Pidpid, Desa Purwakerti, Desa Tista, Desa Tiyingtali, dan Desa Tribuana.

Sedangkan pelantikan di Kecamatan Kubu menghadirkan utusan dari 9 desa yakni Desa Ban, Desa Baturinggit, Desa Kubu, Desa Sukadana, Desa Tianyar, Desa Tianyar Barat, Desa Tianyar Tengah, Desa Tulamben, dan Desa Dukuh. Struktur kepengurusan di setiap desa terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota. Pelantikan dilakukan secara simbolis hanya menghadirkan Ketua PHDI Tingkat Desa kemudian disetorkan ke Sekretariat PHDI Karangasem, Senin (14/9). “Telah terbentuk PHDI Tingkat Kecamatan dan membentuk PHDI Tingkat Desa sehingga pembinaan umat langsung menyentuh hingga ke tingkat desa,” jelas Ketua PHDI Karangasem Dr Ni Nengah Rustini.

Dikatakan, segala bentuk ketentuan yang dikeluarkan PHDI Pusat, PHDI Provinsi, dan PHDI Kabupaten nantinya lebih cepat bisa sampai ke masyarakat melalui PHDI Tingkat Desa. Selama ini organisasi PHDI dibentuk kebanyakan hanya sampai tingkat kecamatan. Untuk PHDI Tingkat Desa di Kecamatan Abang baru pertama dibentuk, sedangkan di Kecamatan Kubu merupakan yang keduakalinya. Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri yang hadir di acara pelantikan itu mengapresiasi inovasi PHDI Karangasem membentuk kepengurusan sampai tingkat desa. “Saya mengapresiasi inovasi PHDI Karangasem membentuk kepengurusan hingga tingkat desa. Apalagi tengah dibangun Sekretariat PHDI Karangasem sebagai sarana meningkatkan pembinaan umat,” kata Bupati Mas Sumatri.

Buat sementara PHDI Kabupaten Karangasem pinjam sekretariat di Puri Gede Karangasem, Jalan Sultan Agung Amlapura. Walau tempat menggelar rapat, diksa pariksa, dan acara lainnya cukup leluasa, tetapi itu sifatnya sementara karena masih pinjam. Camat Kubu Made Suratika juga mengapresiasi kepemimpinan PHDI Kecamatan Kubu I Made Regeg telah mampu membentuk kepengurusan di 9 desa. Sehingga pembinaan kepada umat ke depan lebih merata. “Pembangunan mental dan pemahaman spiritual merupakan bagian terpenting dari sisi pembangunan melalui PHDI," kata Made Suratika. Agenda berikutnya pelantikan PHDI Tingkat Desa di Kecamatan Selat dan Kecamatan Sidemen, Minggu (20/9) nanti. *k16

loading...

Komentar