nusabali

Kader Posyandu Pegubugan Terapkan Protokol Kesehatan

  • www.nusabali.com-kader-posyandu-pegubugan-terapkan-protokol-kesehatan

AMLAPURA, NusaBali
Kegiatan Posyandu di Banjar Pegubugan, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, diaktifkan lagi, Minggu (13/9).

Kader Posyandu yang bertugas terapkan protokol kesehatan kepada pengunjung. Balita dan orangtuanya menjalani cek suhu tubuh, disarankan cuci tangan, dan wajib gunakan masker. Pengunjung Posyandu digilir untuk menghindari kerumunan.

Kelian Banjar Dinas Pegubugan, I Nengah Suyadnya, mengatakan Posyandu tidak aktif sejak Maret 2020 akibat pandemi Covid-19. Para kader sebanyak lima orang membagi diri dalam tugas, ada yang menimbang berat badan balita, mencatat pada KMS (kartu menuju sehat), dan bagikan makanan tambahan. Dikatakan, di Posyandu berat badan balita ditimbang, dapat vitamin A untuk anak dan orangtua, dan memantau tumbuh kembang anak dengan baik. “Pentingnya timbang berat badan karena di KMS ada kolom pantauan berat badan anak,” ungkap Nengah Suyadnya.

Ada lima kader melayani kegiatan Posyandu di Banjar Dinas Pegubugan yakni Ni Wayan Kertiani, Ni Made Ariani, Ni Nengah Asih, Ni Wayan Sudianti, dan Ni Nyoman Muriasih. Perbekel Desa Duda, I Gusti Agung Ngurah Putra, mengakui Posyandu mulai aktif di delapan banjar dinas sejak diberlakukan tatanan kehidupan era baru. “Sudah saya hubungi seluruh kelian banjar dinas untuk aktifkan Posyandu agar kesehatan balita di tingkat dasar terpantau,” jelas I Gusti Agung Ngurah Putra. Anggaran Posyandu dianggarkan di APBDes Desa Duda. *k16

Komentar