nusabali

Sukawati Tata Joging Trek Desa Wisata

  • www.nusabali.com-sukawati-tata-joging-trek-desa-wisata

GIANYAR, NusaBali
Joging trek di Jalan Usaha Tani, Banjar Gelumpang, Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar, kini dipercantik dengan spot-spot selfie.

Joging trek ini digarap apik sebagai salah satu ikon kawasan desa wisata. "Di jalur trek ini sudah dibuatkan jembatan oranye, dan rumah pohon sebagai daya tarik," jelas Perbekel Desa Sukawati I Dewa Gede Dwi Putra, Minggu (12/9). Jembatan oranye ini pula, menjadi spot selfie baru bagi kalangan anak muda. "Setiap hari Jumat ada lansia senam dengan jumlah 20 orang. Hari Minggu yoga desa dengan 25 orang di halaman joging trek," jelasnya.

Oleh karena masih situasi pandemi, pelaksanaan senam lansia dan yoga desa berpedoman pada protokol kesehatan. Di antaranya, pola hidup bersih sehat, memakai masker dan jaga jarak. "Di setiap sudut strategis, juga kami pasang spanduk imbauan protokol kesehatan," jelas Perbekel Dewa Dwi Putra.

Dengan tambahan jembatan oranye, jalur joging trek bertambah panjang 600 meter ke selatan. "Di selatan ada sungai Tangkid dengan pemandangan beji dan tebing. Ini sedang kami tata," jelasnya. Di antara tebing-tebing batu, mengalir air ke sungai. Ke depan diproyeksikan akan dijadikan wisata air, semisal kano atau mini ban. "Di atas sungai, pengunjung bisa menikmati treking," jelasnya. Di sisi barat sungai, juga dibuatkan jalan tembusan. "Ada Jalan Usaha Tani di Banjar Telabah akan nyambung nanti dengan joging trek di Banjar Gelumpang. Jaraknya sekitar 700 meter," jelasnya.

Dibukanya akses jalan usaha tani sebagai joging trek dan objek wisata, diharapkan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat setempat. "Saat ini, di joging trek sudah ada tiga warga yang buka warung. Karena animo masyarakat untuk olah raga dan wisata cukup tinggi," jelasnya. Di smping itu, tujuan utama jalan usaha tani ini dipermanen yakni memudahkan petani membawa mengangkut hasil tani. "Di sekitar jembatan, kami juga menata kebun," imbuhnya.

Seperti diketahui, jalan usaha tani wilayah Subak Landep Banjar Gelumpang, Desa/Kecamatan Sukawati disulap menjadi area Jogging Track sejak Tahun 2018. Terdapat jalan lingkar sepanjang sekitar 1,5 kilometer.

Perbekel Sukawati Dewa Gede Dwi Putra ketika menjelaskan, jalan usaha tani ini dilengkapi dengan 5 spot selfie, 3 bale bengong, serta 5 set tempat duduk yang dianggarkan melalui dana Desa. "Sejatinya, tujuan awalnya adalah memperbaiki jalan usaha tani di wilayah Sukawati. Karena kondisinya memang rusak, sempit dan becek saat musim hujan. Namun setelah kita survei, ternyata jalan ini berpotensi dikembangkan sebagai tempat olahraga sekaligus objek wisata baru. Terlebih, Desa Sukawati saat ini sedang melangkah menjadi Desa Wisata," ungkapnya.

Pantauan di lokasi, lokasi yang masih asri, menjadi sangat layak sebagai pilihan sehat keluarga untuk berolahraga santai dengan nuansa rekreasi alam yang menawan. Akses dari jalan utama jaba Pura Ulun Carik ke selatan telah tertata dengan jalan paping yang cukup lebar. Kini, jalur jogging track diperpanjang hingga perbatasan desa Sukawati dengan Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati. *nvi

Komentar