nusabali

Bupati Akan Review Kebijakan

Kabupaten Tabanan Masuk Zona Merah Covid-19

  • www.nusabali.com-bupati-akan-review-kebijakan

Tidak menutup kemungkinan Tabanan akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat ini tengah direview aturannya.

TABANAN, NusaBali

Tingginya angka kasus penyebaran Covid-19 di Tabanan menjadi perhatian serius Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wirayastuti selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Tabanan. Rencananya Bupati Eka akan mereview kembali segala kebijakan yang telah dibuat dalam pencegahan Covid-19.

Bupati Eka mengatakan untuk mereview kembali kebijakan tersebut, pihaknya sudah menggelar rapat dengan seluruh OPD. Termasuk sudah meminta dinas terkait menelusuri sumber tracing contact terhadap kasus transmisi lokal yang belakangan ini makin meningkat. “Kita sedang cari tahu sumber transmisinya supaya jelas,” kata Bupati Eka, Minggu (13/9).

Mengingat kasus di Tabanan meningkat, tidak menutup kemungkinan Tabanan akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Akan PSBB, sedang direview aturannya kembali,” imbuh Bupati Eka.

Terpisah, Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja mengatakan mengenai anggaran Covid-19 masih cukup. Hanya saja jumlah yang sudah terealisasi tidak diketahui secara detail. “Yang tahu kan di Bakeuda, kalau tidak salah sudah 50 persen digunakan dari Rp 39 miliar yang disediakan,” tegasnya.

Kata Wiratmaja terkait dengan angka kasus transmisi lokal terus meningkat, ada sejumlah hal yang sudah disampaikan kepada GTPP Covid-19 Tabanan. Sudah disarankan untuk melakukan kegiatan secara pararel antara pencegahan dan pengobatan. ”Pencegahan terkait dengan tindakan promotif dan preventif, sementara pengobatan terkait dengan tindakan kuratif dan rehabilitatif,” tutur Wiratmaja.

Untuk saat ini kasus baru di Tabanan per Minggu (13/9) terjadi tambahan 10 kasus. Bahkan dari jumlah itu, balita 2 tahun ikut terpapar karena tertular dari keluarganya. Sementara usia pasien lainnya terpapar, rentang 33–59 tahun. Sebagian besar pasien yang terpapar kasus baru tanpa gejala. Di hari yang sama juga dilaporkan 2 pasien sembuh yang sebelumnya dirawat di rumah sakit berbeda.

Dengan adanya tambahan kasus baru, total pasien positif Covid-19 mencapai 403 orang, dalam perawatan 119 orang, dinyatakan sembuh 274 orang, dan meninggal 10 orang. *des

loading...

Komentar