nusabali

Jaya-Wira Mendapat Pin Kehormatan dari Raja Tabanan

Pasangan Sanjaya-Edi Wirawan Gelar Deklarasi di Puri Agung Tabanan

  • www.nusabali.com-jaya-wira-mendapat-pin-kehormatan-dari-raja-tabanan

TABANAN, NusaBali
Pasangan I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira), Cabup-Cawabup Tabanan yang diusung PDIP dengan dukungan Gerindra dan PSI untuk Pilkada Tabanan 2020, menggelar deklarasi di Puri Agung Tabanan, Jumat (11/9) sore.

Dalam acara tersebut, Cabup IKG Sanjaya mendapat Pin Kehormatan dari Raja Tabanan, Ida Tjokorda Anglurah Tabanan. Deklarasi dilakukan di Puri Agung Tabanan, setelah Jaya-Wira mendapat  dukungan dari Sejebag Puri Agung Tabanan dan Pengabih Jro Puri Agung Tabanan. Acara deklrasi yang berlangsung sejak sora hinga petang pukul 18.50 Wita, Jumat kemarin, dihadiri langsung Ketua Tim Pemenangan Jaya-Wira, I Made Urip. Perwakilan dari Panglisir Puri Kaleran Kediri, Panglisir Puri Denpasar, Panglisir Puri Penebel, Jro Subamia, Pasemotan Puri Agung Tabanan, Pertisentana Sri Nararya Kenceng, juga hadir.

Menariknya, deklarasi kemarin sore juga ditandai dengan penyematan Pin kepada Jaya-Wira, sebagai anggota kehormatan Pasemetonan Agung Perti Sentana Sri Nararya Kenceng. Penyematan Pin dilakukan langsung oleh Raja Tabanan (Panglingsir Puri Agung Tabanan), Ida Tjokorda Anglurah Tabanan, kepada IKG Sanjaya.

Ida Tjokorda Anglurah Tabanan mengungkapkan, pihaknya pilih mendukung Jaya-Wira karena pasangan ini memiliki visi-misi yang sama dengan Puri Agung Tabanan. Selain itu, saat Jaya-Wira datang ke Puri Agung Tabanan, Ida Tjokorda bersama keluarga besarnya sudah menggelar paruman yang hasilnya sepakat mendukung jago PDIP tersebut.

"Saya punya keluarga yang banyak. Jadi, harus rapat dulu, supaya saya tidak disalahkan. Kalau semua sudah mendukung oke, ya saya oke juga. Intinya, siapa pun yang datang ke puri, saya berikan doa restu," ujar Ida Tjokorda seusai acara deklarasi Jaya-Wira di kediamannya, tadi malam.

Selain itu, menurut Ida Tjokorda, jauh sebelum deklrasi, IKG Sanjaya sudah sering datang Puri Agung Tabanan. Bahkan, ketika ada upacara, Ketua DPC PDIP Tabanan yang masih menjabat Wakil Bupati Tabanan itu sering tangkil untuk sembahyang ke Puri Agung Tabanan. "Di sini kami Puri Agung Tabanan tidak berpolitik. Kami di sini mengayomi seluruh umat di Tabanan. Siapa pun yang ingin ke Puri Agung Tabanan mohon doa restu, ya saya berikan doa restu," katanya.

Ida Tjokorda berharap Jaya-Wira ini bila memenangkan Pilkada Tabanan 2020, Jaya-Wira diharapkan memperhatikan seluruh pembangunan di Tabanan. Apalagi, Sanjaya sudah dua periode menjadi Wakil Bupati Tabanan (2010-2015, 2016-2021), sehingga diharapkan bisa meningkatkan pembangunan.

"Kami juga berharap ketika Paket Jaya-Wira menang nanti, mudah-mudahan ke depan mau memperhatikan puri. Karena Puri Agung Tabanan juga bagian dari tempat meningkatkan seni budaya. Sebab, seni budaya itu datang dari puri," tegas Ida Tjokorda.

Sementara, Cabup Sanjaya mengatakan dukungan yang diberikan kalnagan puri di Tabanan adalah sebuah mandat yang luar biasa. Sebelum ada dukungan dari puri, internal PDIP dan parpol pendukung Jaya-Wira sudah melakukan gerakan. "Apalagi sekarang mendapat mandat dari Ida Tjokorda selaku raja di Tabanan, astungkara kami Jaya-Wira bisa melaksanakan amanat," kata Sanjaya.

Sanjaya juga meyakini dukungan yang diberikan Puri Agung Tabanan tidaklah sembarangan. Apalagi, sampai disematkan Pin sebagai anggota kehormatan Pasemetonan Agung Peatisentana Sri Nararya Kenceng. "Bagi saya, dukungan ini akan menjadi modal untuk Jaya-Wira. Dukungan ini yang akan jadikan pijakan dalam pembangunan di Tabanan," tegas politisi PDIP asal Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan ini.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Jaya-Wira, I Made Urip, menyatakan sangat berterima kasih atas supprot dan dukungan Ida Tjokorda Anglurah Tabanan beserta Sejebag Puri Agung Tabanan. "Astungkara bisa kita menangkan Jaya-Wira ini. Terlebih, dukungan dari Puri Agung Tabanan ini sangat luar biasa. Ini memberikan semangat dan motivasi serta ruang gerak PDIP ke seluruh jagat Tabanan,” jelas Made Urip.

Urip menyebutkan, Sanjaya memang layak melanjutkan kepemimpinan Tabanan 5 tahun ke depan. Sebab, Sanjaya adalah kader PDIP yang cukup beprestasi. "Kader yang berprestasi memang layak untuk melanjutkan kepemimpinan di Tabanan. Apalagi, dia sudah memiliki pengalaman untuk mengelola Tabanan lebih baik lagi ke depannya," terang politisi senior asal Desa Tua, Kecamatan Marga, Tabanan yang juga Ketua DPP PDIP ini.

Bukan hanya itu, Urip juga memuji Made Edi Wirawan, politisi PDIP asal Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan yang ditunjuk jadi Cawabup pendamping Sanjata. Manurut Urip, Edi Wirawan merupakan kader yang merintis karier dari bawah mulai Ranting PDIP, PAC PDIP, hingga DPC PDIP Tabanan.

“Edi Wirawan sudah berpengalaman tiga periode menjadi anggota DPRD Tabanan. Dia juga pengusaha yang banyak terjun di pariwisata. Mudah-mudah kader yang sudah berpengalaman akan memberikan pembangun yang lebih baik di Tabanan," harap Urip yang juga anggota Fraksi PDIP DPR RI Dapil Bali lima kali periode (1999-2004, 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019, 2019-2024).

Dalam Pilkada Tabanan 2020, Jaya-Wira akan tarung head to head melawan pasangan AA Ngurah Panji Astika-I Dewa Nyoman Budiasa, Cabup-Cawabup yang diusung Golkar-NasDem-Demokrat. AA Ngurah Panji yang menempati psisi Cabup, merupakan tokoh puri dari Puri Anom Tabanan. Sedangkan Dewa Budiasa saat ini menjabat Ketua DPD NasDem Denpasar. *des

loading...

Komentar