nusabali

Peraih Nilai Tertinggi Jadi Prioritas

Bupati Suwirta Lantik Tiga Pejabat Eselon II

  • www.nusabali.com-peraih-nilai-tertinggi-jadi-prioritas

Pejabat jangan semena-sema terhadap bawahan hanya untuk menutupi ketidaktahuan diri

SEMARAPURA, NusaBali

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melantik tiga pejabat tinggi pratama (setara eselon II b), di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Jumat (11/9) pagi. Tiga pejabat tersebut bernilai hasil tes pansel (panitia seleksi) tertinggi. Padahal sebelumnya, Bupati menyatakan berhak memilih salah satu pejabat dari nilai tiga besar dalam satu kategori jabatan, tanpa mempertimbangkan nilai hasil tes.

Dua di antara pejabat yang dilantik tersebut merupakan Camat Banjarangkan I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, dan Camat Dawan AA Gede Putra Wedana. Camat Banjarangkan Agung Mahajaya dilantik menjadi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menggantikan posisi IB Anom Adnyana yang pensiun per 1 Mei 2020. Sedangkan, Camat Dawan AA Wedana dilantik menjadi Kepala Dinas Pariwisata, menggantikan I Nengah Sukasta yang pensiun per 1 Agustus 2020.

Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana, dilantik menjadi Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, menggantikan I Nengah Sudiartha, yang sudah pensiun per 1 Januari 2020. Namun kandidat terpilih menjadi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan, belum dilantik karena menunggu hingga masa jabatan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Klungkung, Ni Wayan Ringin, berakhir per 1 Oktober 2020. Hanya saja nama kandidat tersebut masih dirahasiakan hingga pelantikan nanti.

Untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan, maka para asisten ditunjuk untuk menjadi pelaksana tugas. Masing-masing dengan pelaksana tugas (Plt) dari semua asisten. I Wayan Sumarta (Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Klungkung) menjadi Plt Camat Banjarangkan.

Ida Bagus Ketut Mas Ananda (Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klungkung) menjadi Plt Camat Dawan, dan Luh Ketut Ari Citrawati (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Klungkung) menjadi Plt Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan.

Setelah melantik tiga pejabat pimpinan tinggi pratama tersebut,  Bupati Suwirta mengatakan menjadi seorang kepala dinas harus mampu mengetahui apa yang ada di unit kerja dan mampu berpikir bijak sesuai tupoksi jabatan. Para pejabat jangan semena-sema terhadap bawahan hanya untuk menutupi ketidaktahuan diri sendiri.

Acara pelantikan dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, dan lainnya. Sebelumnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, sudah menegaskan menggunakan hak preogratifnya dalam pemilihan 4 posisi eselon II  yang kosong. Keputusan ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana Bupati Suwirta langsung memastikan melantik pejabat yang mendapat rangking terbaik berdasarkan hasil test dari panitia seleksi (pansel). Adapun rangking pertama pejabat yang merebut kursi Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan, masing-masing I Komang Gde Wisnuadi (Camat Klungkung/83,44), disusul I Ketut Arie Gunawan (Sekretaris Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan/Baperlitbang/82,22), dan I Wayan Sudiarsa (Kepala Bidang Ideologi dan Wawasa Kebangsaan, di Perlindungan Masyarakat/Kesbangpolinmas/79,51). Rangking pertama yang memperebutkan kursi Kepala Dinas Pariwisata, yakni Camat Dawan AA Gede Putra Wedana (82,72),  Dewa Komang Aswin (Sekretaris Kesbangpolinmas/77,05), I Nyoman Sidang (Kepala Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam, Infrastruktur, dan Kewilayahan di Baperlitbang/76,43).

Rangking pertama yang memperebutkan kursi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dewa Ketut Sueta Negara (Sekreteris Inspektorat/79,40), I Gusti Agung Gede Mahajaya (79,14), I Wayan Wirata (Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, di Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).

Rangking pertama yang memperebutkan posisi Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora), Ida Bagus Jumpung Gede Oka Wedhana (Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan/82,25). I Ketut Sujana (Sekretaris Dinas Pendidikan/77,99), dan I Gusti Ngurah Suarba (Sekretaris Disbudpora/76,01). *wan

loading...

Komentar