nusabali

Masuk Zona Merah, Satgas Diaktifkan Kembali

  • www.nusabali.com-masuk-zona-merah-satgas-diaktifkan-kembali

DENPASAR, NusaBali
Kota Denpasar kembali menjadi zona merah setelah terjadi peningkatan kasus Covid-19.

Hal tersebut membuat Pemkot Denpasar harus kembali mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Gotong Royong Covid-19 dan tetap mengacu pada Peraturan Gubernur Bali.  Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara saat dihubungi, Jumat (11/9) mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah menunggu keputusan dari Gubernur Bali untuk rencana penanganan Covid-19 selanjutnya.

"Kami kembali sudah masuk zona merah. Tadi (kemarin, red) sudah rapat dan gubernur juga sudah memaparkan 12 hal yang cukup bagus untuk kita terapkan. Hanya menunggu keputusan pasti kapan dijalankan saja," ujarnya.

Rai Iswara mengungkapkan, selama ini pihaknya sudah menerapkan Pergub Nomor 46 Tahun 2020 yang ditindaklanjuti dengan Perwali Nomor 47 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Tatanan Kehidupan Era baru.

Rai Iswara mengaku, pihaknya akan kembali mengaktifkan Satgas sebelumnya. Selama ini, sejak penerapan tatanan kehidupan era baru, kegiatan penanganan Covid-19 khususnya melakukan swab test khusus bagi warga yang benar-benar kontak erat dengan pasien positif. "Sebelumnya kan gencar, hasil tracing siapapun yang pernah kontak langsung di-swab. Itu yang akan kembali kami terapkan, dan tentunya kembali akan dilakukan sosialisasi protokol kesehatan. Saat ini yang di-swab test hanya kontak erat saja. Ketika kasus naik maka Satgas akan kembali bergerak," imbuh Rai Iswara.

Sementara itu untuk penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar, Jumat (11/9) sebanyak 33 kasus dan 15 pasien sembuh.  *mis

Komentar