nusabali

Newcastle Gugat Premier League

  • www.nusabali.com-newcastle-gugat-premier-league

NEWCASTLE, NusaBali
Pemilik Newcastle United Mike Ashley (56 tahun) tak terima proses akuisisi klubnya oleh konsorsium Arab Saudi digagalkan oleh Premier League.

Dia pun akan menuntut operator Liga Inggris tersebut ke pengadilan. Ya, proses ambil alih itu resmi batal pada 30 Juli lalu. Konsorsium Arab Saudi lewat Public Investment Fund pimpinan Pangeran Mohammed bin Salman memilih mundur usai proses yang berlarut-larut dalam uji kelayakan pemilik.

Padahal, mereka sudah menyiapkan dana 300 juta pound (sekitar Rp 5,735 triliun) untuk mengakuisisi The Magpies. Uang muka sebesar 17 juta pound diketahui juga masuk ke kantong Ashley.  Ashley rupanya tak terima sikap Premier League, yang dianggap mengulur waktu dan tak terang-terangan menjelaskan lamanya uji kelayakan. Upaya lewat jalur hukum kini menjadi opsi yang dipertimbangkan Ashley.

"Newcastle United mengkonfirmasi bahwa Premier League menolak proses akuisisi yang dibuat PCP Capital Partners, Reuben bersaudara, dan Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi berdasarkan tes kelayakan pemilik," tulis pernyataan resmi Newcastle, dikutip Sky Sports.

Lamanya proses uji kelayakan pemilik tak lepas dari banyaknya tekanan yang diberikan kepada Premier League. Hal itu terkait sejumlah kasus yang menimpa Pemerintah Arab Saudi, yang di antaranya tersandung kasus pelanggaran HAM dan pembajakan siaran langsung olahraga. *

Komentar