nusabali

Piala AFC Dibatalkan

Piala Asia U-16 dan U-19 Ditunda 2021

  • www.nusabali.com-piala-afc-dibatalkan

AFC menyebutkan, situasi pandemi memengaruhi kemampuannya menyelenggarakan kompetisi. Prioritas utama AFC adalah kesehatan seluruh pihak terutama para pemain muda.

JAKARTA, NusaBali

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Kamis (10/9) memutuskan untuk membatalkan kompetisi antarklub Asia kasta kedua Piala AFC 2020, akibat pandemi Covid-19. Selain itu  AFC juga menunda Piala Asia U-16 dan U-19 tahun 2020, hingga awal tahun 2021, juga karena pandemi virus Corona.

Ya, Kompetisi Antarklub Piala AFC diikuti dua tim Indonesia, Bali United dan PSM Makassar. Selain itu, kompetisi tersebut juga lebih banyak diikuti tim-tim dari negara kecil di Asia, dan sudah ditangguhkan sejak Maret lalu karena krisis virus corona.  Namun rencananya dilanjutkan pada September ini di venue yang terpusat.

"Dari sisi logistik dalam mengkoordinasikan kelima zona dari Piala AFC dan menyelesaikan pertandingan Inter Zone, Komite Ekselutif AFC juga setuju bahwa pandemi menciptakan kerumitan yang merupakan peristiwa Force Majeure dan, dengan sedih, menyebabkan pembatalan kompetisi 2020," bunyi pernyataan AFC.

Sedangkan Piala Asia U-16 dan U-19 tahun 2020, yang rencananya digelar masing-masing pada November dan Oktober, terpaksa ditunda AFC hingga awal 2021. Alasannya sama, juga karena pandemi Covid-19.

AFC menyebutkan, situasi pandemi memengaruhi kemampuannya menyelenggarakan kompetisi. Prioritas utama AFC adalah kesehatan seluruh pihak terutama para pemain muda.

"Ini menjadi masa sulit bagi semua orang yang berhubungan dengan sepakbola dan olahraga secara umum. Namun, kami yakin, dengan persatuan dan solidaritas, kita bisa menaklukkan tantangan ini," ujar Presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa dalam rapat daring Komite Eksekutif AFC, Kamis (10/9).

"Saya yakin, dengan kesatuan dan keberagaman di AFC, kita bisa menghadapi tantangan ini," ujar Sheikh Salman.

Sementara itu, Liga Champions Asia tetap lanjut dengan Qatar menjadi tuan rumah Grup Barat setelah terjadinya perubahan format babak grup menjadi home tournament. Hanya saja, belum ada tuan rumah yang ditunjuk untuk menggelar laga lanjutan Grup Timur.

Sedangkan Piala Asia U-16 2020 sebelumnya direncanakan pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain. Sedangkan Piala Asia U-19 2020 awalnya dijadwalkan bergulir pada 14-31 Oktober 2020.

Indonesia terlibat dalam dua turnamen tersebut. Timnas U-16 yang dilatih Bima Sakti telah menjalani dua kali pemusatan latihan (TC) di tengah pandemi, pada Juli dan Agustus 2020.

Timnas U-19 yang ditangani Shin Tae-yong saat ini sedang TC di Kroasia dan menghadapi beberapa pertandingan uji coba internasional. PSSI belum memberikan tanggapan resmi mengenai penundaan Piala Asia U-16 dan U-19 tahun 2020 ini.

FIFA dan AFC sebelumnya juga menunda pelaksanaan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yang sekaligus Kualifikasi Piala Asia 2023, sampai tahun 2021 karena pandemi Covid-19. Dengan alasan sama, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) juga menangguhkan pelaksanaan Piala AFF 2020, pada akhir 2020, hingga 2021. AFC juga membatalkan pelaksanaan Piala Antarklub Futsal Asia 2020. *ant

loading...

Komentar