nusabali

Ingin Perlindungan Maksimal? Gunakan Jasa Pasang Penangkal Petir

  • www.nusabali.com-ingin-perlindungan-maksimal-gunakan-jasa-pasang-penangkal-petir

Petir adalah peristiwa alam yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Petir biasanya muncul ketika hujan hendak turun. Petir sangat membahayakan nyawa manusia, bahkan bisa merusak peralatan elektronik yang ada di rumah kita. Oleh karena itu, kita membutuhkan alat yang bisa menghindarkan kita dari bahaya petir. Alat tersebut kita kenal sebagai penangkal petir.

DENPASAR, NusaBali.com
Penangkal petir sendiri merupakan perangkat yang terdiri dari serangkaian jalur dimana jalur ini berfungsi sebagai jalan mengalirkan arus listrik petir menuju ke permukaan bumi tanpa perlu merusak benda-benda yang dilewati oleh petir tersebut. Petir sendiri seringkali terjadi mengikuti peristiwa hujan. 

Muatan listrik pada petir berusaha mencari jalur yang paling pendek untuk sampai ke tanah. Biasanya, jalur paling pendek berupa bangunan-bangunan tinggi atau bahkan tubuh manusia. Itulah mengapa gedung yang tinggi atau rumah bertingkat membutuhkan penangkal petir karena sangat rentan terkena sambaran petir. 

Bagian-Bagian Penangkal Petir 

1. Batang Penangkal Petir 
Batang penangkal petir biasanya terbuat dari tembaga dan punya ujung runcing. Tujuannya yaitu agar bisa memperlancar proses  tarik menarik muatan listrik di bumi dengan muatan listrik yang ada di awan. 

2. Kabel Konduktor 
Ketika muatan listrik negatif telah berkumpul pada awan maka muatan listrik positif yang ada di tanah akan tertarik ke arah atas. Muatan listrik yang positif ini lalu naik melalui kabel konduktor dan berkumpul pada ujung batang penyalur petir. 

Fungsi Penangkal Petir

3. Tempat Pembumian (Grounding) 
Tempat pembumian (grounding) terbuat dari bahan tembaga yang dilapisi oleh baja. Diameter grounding sekitar 1,5 cm. Sedangkan panjangnya sekitar 1,8 – 3 m. Ketika muatan listrik yang negatif berada cukup dekat di atas atap, maka daya tarik menarik kedua muatan semakin kuat. Muatan listrik positif pada ujung penangkal petir akan tertarik menuju ke muatan listrik negatif yang ada di awan. 

Tarik menarik antara kedua muatan listrik inilah yang akan menghasilkan aliran listrik. Selanjutnya, aliran listrik akan mengalir menuju ke tanah lewat kabel konduktor sehingga aliran listrik tidak mengenai bangunan.  

Jenis-Jenis Penangkal Petir 

1. Penangkal Petir Konvensional 
Penangkal petir konvensional adalah penangkal petir yang pertama kali dibuat. Alat ini sebenarnya bukan alat yang rumit namun memiliki komponen yang kompleks. Penangkal petir jenis konvensional memiliki tiga komponen utama yaitu batang penangkal petir, kabel konduktor serta tempat pembumian atau grounding. 

Penangkal petir yang satu ini menggunakan splitzen/tombak logam yang dipasang pada bagian atas bangunan. Sifatnya pasif atau hanya menunggu sambaran petir baru dialirkan melalui kabel konduktor ke atas bumi/tanah. Jenis ini biasa digunakan di pabrik, rumah, pabrik, gedung, atau tower. 

2. Penangkal Petir Elektrostatik 
Penangkal petir ini kurang populer digunakan. Prinsip kerjanya yaitu mengarahkan sambaran petir ke dalam satu titik tujuan sambaran. Tujuannya yaitu agar menghasilkan sentralisasi sambaran hanya pada satu titik saja. Penangkal petir jenis elektrostatis memiliki radius perlindungan yang jauh lebih besar dan berbentuk seperti payung. 

Kedua jenis penangkal ini bisa dipasang dimana saja tergantung kebutuhan sebuah bangunan dan seberapa besar efektivitasnya

Jasa Pasang Penangkal Petir
Agar rumah atau kantor anda bebas dari bahaya petir, anda sebaiknya segera memasang penangkal petir. Karena pekerjaan ini cukup beresiko dan bersifat teknis, anda bisa menggunakan jasa pasang penangkal petir. Anda sebaiknya memilih jasa instalasi penangkal petir yang benar-benar profesional dan berpengalaman seperti Agusta Elektrindo. 

Agusta Elektrindo telah berpengalaman dalam bidang penangkal petir, sistem pembumian, dan kelistrikan. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, Agusta Elektrindo telah menangani ratusan proyek skala nasional. 

Alat penangkal petir yang disediakan oleh Agusta Elektrindo pun sesuai dengan standar KEP MEN 2/89 yaitu peraturan Pemerintah Indonesia tentang penangkal petir, IEC standard yaitu perlindungan terhadap petir, NFC untuk penangkal petir ESE, dan IEEE untuk sistem pembumian. 

Apakah anda ingin menggunakan jasa Agusta Elektrindo? Hubungi 628978573969 atau kirimkan email ke [email protected]

FAQ 

Apa jenis penangkal petir yang banyak digunakan? 
-Penangkal petir jenis konvensional adalah jenis penangkal petir yang paling banyak digunakan. 

Mengapa harus memilih jasa pasang penangkal petir dari Agusta Elektrindo? 
-Karena Agusta Elektrindo telah berpengalaman dalam bidang penangkal petir dan sistem pembumian. 

*)Konten ini dibuat oleh Core Freelancers, penyedia jasa SEO terbaik untuk bisnis anda

loading...

Komentar