nusabali

Pelantikan 22 Perbekel Digelar di TOSS Center

  • www.nusabali.com-pelantikan-22-perbekel-digelar-di-toss-center

SEMARAPURA, NusaBali
22 perbekel terpilih hasil pemilihan perbekel (Pilkel) serentak di Klungkung, Minggu (9/8), akan dilantik di Tempat Pengolahan Sampah Setempat (TOSS) Center, Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (6/10).

Karena di tengah pandemi Covid-19 maka jumlah undangan dibatasi, maksimal 150 orang.  "Dari 22 desa yang menggelar Pilkel, undangan hanya diwakili lima orang, yakni perbekel terpilih bersama istri, pelaksana tugas (Plt) perbekel, ketua panitia dan Ketua BPD (Badan Permusyawatan Desa)," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPMDPPKB) Klungkung I Wayan Suteja, Rabu (9/9).

Kata dia, perangkat desa lain bisa mengikuti pelantikan ini dari kantor desa/perbekel masing-masing secara virtual. "Kami sengaja batasi undangan untuk memudahkan mengatur jarak sesuai protokol kesehatan," ujar Suteja.

Mengenai lokasi pelantikan di TOSS Center, hal ini untuk lebih mengetahui dan bisa menerapkan salah satu program unggulan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dalam penanganan sampah. Karena penanganan masalah sampah masuk dalam program prioritas 2021. Di samping itu, untuk melihat langsung kondisi penataan dari TOSS Center itu sendiri. "Mudah-mudahan pelantikan nanti berjalan lancar dan aman," harap Suteja.  

Hasil mengejutkan terjadi dalam Pemilihan Perbekel (Pilkel) 2020 serentak 22 desa di Klungkung, Minggu (9/8). Dari 18 incumbent yang kembali bertarung, 8 orang di antaranya tumbang. Ada pun 8 kandidat incumbent yang bertumbangan dalam Pilkel 2020, tersebar di 3 kecamatan di Klungkung. Kondisi terparah terjadi di Kecamatan Dawan, di mana dari 7 incumbent yang bertarung, hanya 3 incumbent yang berhasil memenangkan Pilkel, yakni Kepala Desa (Perbekel) Paksebali, I Putu Ariadi, Perbekel Dawan Kelod I Nengah Suardita dan Perbekel Pesinggahan, I Nyoman Suastika. *wan

loading...

Komentar