nusabali

Laporan BUMDes Beragam Format Jadi Sorotan

  • www.nusabali.com-laporan-bumdes-beragam-format-jadi-sorotan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyeroti format laporan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Klungkung, belum seragam.

Sorotan itu dilontarkan saat menggelar sidak (inspeksi mendadak) di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Klungkung, Selasa (8/9) pagi.

Sidak tersebut untuk mengecek laporan keuangan mengenai usaha-usaha di desa, sekaligus untuk mengetahui perekonomian di desa dinas maupun desa adat.

"Ke depan agar laporan BUMDes dapat diseragamkan. Karena dari keseragaman tersebut dapat diketahui banyak hal. Seperti total aset, kesiapan usaha masing-masing BUMDes, dan hal-hal lain. Sehingga dapat digunakan dalam mengambil langkah-langkah pencegahan agar BUMDes tidak merugi," ujar Bupati Suwirta.

Diharapkan, ke depan BUMDes dapat menjadi lembaga perekonomian desa yang mensejahterakan masyarakat. Untuk itu, Bupati Suwirta mengingatkan agar perangkat desa dapat bekerjasama dengan pihak yang berkompeten dalam mengelola BUMDes. "Laporan BUMDes juga agar diaudit oleh instansi terkait," katanya.

Terkait Lembaga Perkreditan Desa (LPD),  Bupati Suwirta mengharapkan agar bendesa mampu memahami laporan keuangan LPD di desa adat masing-masing. "Sidak ini kami lakukan karena usaha-usaha di desa merupakan denyut nadi suatu perekonomian desa. Makanya BUMDes harus dijaga dengan baik," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPMDPPKB) Klungkung, I Wayan Suteja, mengatakan saat ini jumlah BUMDes di Klungkung 48 unit dan LPD 119 unit. Mengenai laporan BUMDes yang belum seragam, Suteja sebenarnya sudah memiliki format. Hanya saja masih perlu dipertajam lagi. "Penyeragaman  format laporan ini tengah kami godok," ujarnya. *wan

Komentar