nusabali

Ujian Level Raheem Sterling

Duel Denmark vs Inggris, Rabu Dinihari

  • www.nusabali.com-ujian-level-raheem-sterling

KOPENHAGEN, NusaBali
Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate menilai Raheem Sterling telah menaikkan level permainannya lebih jauh. Kini mentalnya diakui Southgate  sangat kuat.

Lewat penalti Sterling, Inggris mengalahkan Islandia 1-0, dalam laga Liga A Grup 2 UEFA Nations League, Sabtu (5/9). Selanjutnya Inggris akan menghadapi Denmark, di Parken Stadium, Kopenhagen, Rabu (9/9) dinihari Wita.

"Rasa laparnya akan gol, rasa laparnya untuk menang, rasa lapar untuk mendorong dirinya, benar-benar tak bisa meremehkan dia. Itu punya dampak besar ke semua orang di sekitarnya dan sungguh membawa permainannya ke level lain," kata Southgate, dikutip Sky Sports, Senin (7/9).

Dengan laga internasional ini digelar di tengah libur musim panas, plus kompetisi klub yang molor hingga Agustus, ada tantangan secara mental dan fisik yang besar bagi pemain. Southgate melihat Sterling memberikan contoh yang bagus sejauh ini. Dia kembali ke skuad dengan fokus dan ambisi besar. Padahal pemain Manchester City itu sempat ditepikan dari tim menjelang melawan Montenegro pada tahun lalu, menyusul pertengkaran dengan Joe Gomez.

Tapi kontribusi Sterling untuk Inggris memang tak main-main. Dia sudah mencetak 10 gol, dan hanya kalah tiga gol dari Harry Kane, dalam 49 gol yang dibuat Inggris di 16 laga terakhir. Laga lawan Denmark nanti menjadi ujian Sterling untuk level yang lebih tinggi.

"Mentalitasnya sepanjang pekan ini luar biasa. Begitu ingin berada di sini, begitu ingin bermain, begitu ingin bertahan di lapangan. Saya rasa dia melanjutkan perjuangan ketika kami bermain dengan 10 orang."

Sterling (25 tahun) sejauh ini mencatatkan 57 caps. Sebagai perbandingan, Southgate pensiun dengan jumlah penampilan yang sama sebagai pemain timnas Inggris itu.

Inggris akan menghadapi tuan rumah Denmark. Kedua tim meraih hasil yang kontras pada pertandingan pertama. Denmark tumbang, sedangkan Inggris meraih kemenangan. Denmark kalah 0-2 menjamu Belgia. Sedangkan Inggris menang 1-0 di kandang Islandia.

Kini Inggris kembali membidik kemenangan demi menjaga persaingan dengan Belgia, sebelum bentrok di Wembley pada 11 Oktober. *

loading...

Komentar