nusabali

Sidak Prokes, Bupati Suwirta Kedepankan Langkah Persuasif

  • www.nusabali.com-sidak-prokes-bupati-suwirta-kedepankan-langkah-persuasif

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, bersama TNI/Polri, Sat Pol PP serta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Klungkung gelar sidak gabungan di tempat-tempat umum di Klungkung, Senin, (7/9) pagi.

Sidak digelar dalam rangka menegakkan Pergub Nomor 46 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan (Prokes) dan Peraturan Bupati Klungkung Nomor 66 Tahun 2020.

Dengan upaya penindakan, edukasi serta imbauan terhadap masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan, yakni menjaga jaga jarak, cuci tangan dan membagikan masker serta pemakaian masker yang benar.

Pantauan di lapangan, sidak diawali apel gabungan di depan Monumen Puputan Klungkung sekitar pukul 07.00 Wita, yang pimpin langsung oleh Bupati Suwirta. Kemudian pukul 07.30 Wita, petugas gabungan dibagi menjadi 4 regu dengan menyasar Pasar Seni Semarapura, Terminal Galiran, Pasar Galiran dan sekitarnya.

Untuk sidak di Pasar Seni Semarapura dipimpin Bupati Suwirta, hasilnya terpantau para pedagang dan pengunjung pasar semua sudah memakai masker. Walaupun ada pemakaian masker yang tidak sempurna menutupi hidung dan mulut. Mereka pun langsung diberikan pembinaan untuk menggunakan masker dengan benar.

Kemudian di Pasar Seni Semarapura juga ditemukan 1 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) tanpa menggunakan masker, kemudian ODGJ yang bersangkutan diamankan.

Dalam kesempatan itu Bupati Suwirta meminta kepada masyarakat Klungkung untuk bisa melaksanakan dengan sepenuh hati, dengan kesadaran tinggi yang menjadi keharusan dalam masa pandemi ini. "Kita harus menjadi contoh, kita harus menjadi tauladan dan membimbing masyarakat dalam mengunakan masker," ujar Bupati Suwirta.

Protokol kesehatan akan menjadi kebutuhan pokok, langkah-langkah persuasif harus dikedepankan. "Kalau mereka tetap bandel dan meboya, silakan ambil tindakan sesuai dengan Pergub dan Perbub yang sudah ada," tegas Bupati Suwita.

Sementara itu, Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Putu Suarta mengatakan penegakan prokes kemarin menyasar tempat-tempat keramaian. "Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di pagi hari, sore hari pun kami akan turun untuk menegakan prokes kesehatan demi keselamatan masyarakat Klungkung, " ujar Suarta. *wan

loading...

Komentar