nusabali

Inggris Dinilai Beruntung

Penalti Sterling Kalahkan Islandia

  • www.nusabali.com-inggris-dinilai-beruntung

Southgate menilai timnya beruntung, setelah membuat kecerobohan dan sering mengancam diri sendiri.  Penalti lawan yang diperoleh lawan jadi pelajaran bagi timnya.

REYKJAVIK, NusaBali

Inggris menang tipis 1-0 atas Islandia pada penyisihan Liga A Grup 2 UEFA Nations League 2020/2021, di Laugardalsvöllur, Minggu (6/9) dinihari Wita. Manajer Gareth Southgate pun memendam kekecewaan terhadap timnya. The Three Lions juga dinilai beruntung, karena tampil tak istimewa pada laga tersebut.  

Ya, Inggris memastikan kemenangan pada menit akhir laga lewat penalti Raheem Sterling. Bahkan mereka nyaris ditahan imbang, jika penalti Birkir Bjarnason pada injury time tak melambung. Apalagi kartu merah Kyle Walker usai mendapat dua kartu kuning membuat Inggris kesulitan mengunci laga lebih cepat.

"Pelajaran yang bisa diambil yakni soal kartu merah. Kami tak boleh membuat tekel seperti itu. Kyle sudah meminta maaf di ruang ganti tapi apa yang dia lakukan membuat kami kesulitan menang," kata Southgate, seperti dikutip The Guardian.

Southgate menilai timnya beruntung, setelah membuat kecerobohan dan sering mengancam diri sendiri.  Penalti lawan, kata Southgate, menjadi pelajaran buat timnya. Betapa tidak, tidak dalam posisi tertekan, tapi dengan mudahnya memberikan lawan penalti.

"Itu sedikit cela dari kemenangan ini. Ke depannya, kami harus lebih fokus secara taktik dan psikis, terutama saat unggul 1-0 di menit-menit akhir,"kata mantan pemain Aston Villan dan Middlesbrough itu.

Selanjutnya, Inggris akan berjumpa Denmark di Kopenhagen, Rabu (9/9) pukul 02.45 Wita. Sedangkan Islandia menghadapi Belgia, yang mengalahkan Denmark 2-0. Dengan hasil laga di Liga A Grup 2, Belgia di puncak klasemen diikuti Inggris, lalu Islandia dan Denmark.

Inggris lebih dulu menebar ancaman di menit ketiga lewat tembakan Harry Kane yang diselamatkan kiper lawan. Percobaan kedua Inggris kedua yang membahayakan lahir di menit ketujuh lewat sundulan Eric Dier tapi dihentikan Hannes Halldorsson.

Pertandingan berjalan alot di 15 menit kedua. Kedua tim gagal menciptakan ancaman ke masing-masing gawang lawan. Kedua tim bermain imbang 0-0 hingga turun minum.

Inggris menekan Islandia di babak kedua, setidaknya sampai menit ke-65. Ada empat tembakan yang dilepaskan, namun tak satupun berbuah gol. Inggris malah harus bertanding dengan 10 pemain di menit ke-70, usai Kyle Walker diganjar kartu kuning kedua.

Islandia juga tampil dengan 10 pemain di menit ke-89. Sverrir Ingi Ingason diganjar kartu kuning kedua setelah handball di kotak penalti. Raheem Sterling sebagai eksekutor dan berhasil memberi keunggulan 1-0 untuk Inggris di menit ke-90. *

loading...

Komentar