nusabali

Desa Besan Bangun TOSS Rp 321 Juta

  • www.nusabali.com-desa-besan-bangun-toss-rp-321-juta

SEMARAPURA, NusaBali
Desa yang memiliki Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) di Kabupaten Klungkung terus bertambah.

Kali ini Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung, membuat TOSS dengan menggunakan dana desa sebesar Rp 321 juta lebih. Perbekel Desa Besan Ketut Yasa mengatakan, TOSS Desa Besan dibangun pada lahan seluas 8 are. Dengan menggunakan dana desa sebesar Rp 321.695.500. "Rencananya TOSS ini akan beroperasi mulai tahun 2021 dengan jumlah petugas sebanyak enam orang," ujar Ketut Yasa, Minggu (6/9).

"Kedepan kami akan lebih fokus mengelola sampah plastik di desa kami, karena sampah organik telah dimanfaatkan sebagian warga untuk kompos di ladang mereka," imbuh Ketut Yasa.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ketua TP-PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta meninjau TOSS Desa Besan, Minggu pagi. Kunjungan ini guna melihat kesiapan Desa Besan dalam pengolahan sampah dengan metode TOSS. Bupati mengingatkan para perangkat desa dan masyarakat Desa Besan yang hadir, tujuan utama dari program pengolahan sampah TOSS adalah menciptakan lingkungan menjadi bersih dari sampah utamanya plastik.

"Bukan demi untuk mencari keuntungan. Namun sampah plastik akan bernilai jual jika sudah dipilah dan bersih. Semakin rapi sampah plastik maka akan lebih bernilai jual," katanya.

Menurut Bupati Suwirta, TOSS Desa Besan yang dibangun dengan dana desa ratusan juta ini juga harus dipertanggungjawabkan dengan baik. Badan Usaha Masuk Desa (BUMDes) nantinya ditugaskan mengelola dan menjalin kerjasama dengan pihak Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI) yang saat ini telah menjalin kerjasama dengan TOSS Center di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan. "Jika  sudah berjalan baik, saya optimis TOSS Desa Besan akan mendapat kunjungan dari pihak pihak yang ingin belajar mengenai TOSS," kata Bupati.

Selain itu TOSS Besan akan dijadikan contoh bagi desa-desa lain di Klungkung. Rumah pembibitan yang juga terdapat di dalamnya diharapkan akan lebih mengutamakan bibit tanaman buah daripada tanaman hias.  "Tidak ada TOSS desa yang sebagus ini, kedepan saya harapkan TOSS Besan bisa benar-benar beroperasi dengan baik dan mampu menangani sampah utamanya plastik didesa ini," harap Bupati Suwirta.  *wan

Komentar