nusabali

54 Pasien Covid-19 Masih Dirawat di RSUD Klungkung

  • www.nusabali.com-54-pasien-covid-19-masih-dirawat-di-rsud-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Klungkung mengalami penurunan sejak September 2020.

Hingga Minggu (6/9) kemarin, jumlah pasien yang masih menjalani perawatan yakni 54 orang, masing-masing positif Covid-19 sebanyak 44 orang dan suspect atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 10 orang.

Sedangkan pada awal Agustus 2020 lalu, jumlah pasien menembus 77 orang, baik positif maupun PDP. Kendati sudah terjadi penurunan jumlah pasien, namun pasien dengan gejala berat dan kritis yang menjalani perawatan di ruang ICU Covid-19 mencapai 5 orang, bahkan seorang pasien suspect Covid-19 meninggal di ruang ICU Minggu kemarin.

"Masih ada 5 pasien yang dirawat di ICU, 1 pasien sudah pindah ke ruang isolasi, dan 1 pasien suspect meninggal tapi hasil swab keluar negatif," ujar Dirut RSUD Klungkung, dr Nyoman Kesuma.

Disebutkan, rata-rata perawatan pasien di ruang ICU Covid-19 bisa sampai lebih dari 10 hari. Sedangkan, untuk seorang dokter spesialis yang positif Covid-19 sejak seminggu lalu, saat ini masih menjalani perawatan. Di mana dokter spesialis yang bersangkutan diduga terpapar di luar rumah sakit.

Di satu sisi, ruangan VIP untuk ruangan isolasi pasien Covid-19 saat ini juga sudah difungsikan dengan kapasitas 10 tempat tidur, dan semuanya sudah terisi. Dalam hal ini ruang isolasi memang tidak diisi penuh supaya tenaga medis (nakes) tidak kewalahan dalam satu ruangan. Begitupula 30 orang perawat yang baru, juga sudah bekerja, mereka menjadi satu tim dengan perawat sebelumnya, agar mereka yang baru bisa dibimbing. "Penurunan jumlah pasien Covid-19 sudah terjadi sejak seminggu ini," kata dr Nyoman Kesuma. *wan

Komentar