nusabali

Seminggu 181 Orang Terpapar Covid-19 di Karangasem

  • www.nusabali.com-seminggu-181-orang-terpapar-covid-19-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
Selama seminggu terhitung 31 Agustus hingga 6 September sebanyak 181 orang terpapar Covid-19 di Karangasem.

Karangasem juga dua kali mencatat rekor tertinggi jumlah kasus selama sehari di Bali. Dari 78 desa/kelurahan di Karangasem semuanya telah terpapar. Meski demikian, Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengingatkan masyarakat tidak perlu resah. Sebab seluruh personal GTPP hingga tingkat desa bekerjasama dengan desa adat telah mengedarkan sosialisasi diberlakukannya Peraturan Bupati Karangasem Nomor 42 tahun 2020 dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 tahun 2020, tentang Penerapan Disiplin dan penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.

Hal itu diungkapkan Gusti Bagus Putra Pertama saat sosialisasi Perbup dan Gergub di Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem, Minggu (6/9). Sejak 31 Agustus, angka penambahan kasus baru cenderung meningkat. Adanya ketentuan terbaru bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker didenda Rp 100.000, bagi usaha yang tidak menyediakan sarana mencegah Covid-19 didenda Rp 1 juta, diharapkan meningkatkan disiplin masyarakat menjalani protokol kesehatan.

"Maka dari itu menggunakan masker menjadi kewajiban masyarakat agar mencegah terjadi penularan Covid-19," jelasnya.

Sebab, penambahan kasus positif Covid-19 di Karangasem tiap hari angkanya cukup tinggi. Kali ini penambahannya 22 kasus positif Covid-19, setelah Denpasar sebanyak 31 kasus, Buleleng sebanyak 27 kasus. Sedangkan jumlah kasus di bawah Karangasem, yakni Badung sebanyak 21 kasus, Gianyar sebanyak 20 kasus, Jembrana sebanyak 7 kasus, Tabanan sebanyak 6 kasus, Klungkung sebanyak 6 kasus, dan Bangli sebanyak 1 kasus.

Dari 22 kasus baru terjadi di Karangasem tersebar di 7 kecamatan, yakni Kecamatan Abang sebanyak 4 kasus di Desa Labasari sebanyak 2 kasus, Desa Datah dan Desa Kerta Mandala masing-masing 1 kasus, Kecamatan Karangasem sebanyak 7 kasus, yakni Kelurahan Karangasem sebanyak 5 kasus, Desa Seraya dan Desa Tumbu masing-masing 1 kasus, Kecamatan Kubu 1 kasus di Desa Kubu, Kecamatan Manggis sebanyak 6 kasus, yakni Desa Padangbai sebanyak 2 kasus, Desa Pesedahan, Desa Selumbung, Desa Antiga dan Desa Gegelang masing-masing 1 kasus, Kecamatan Rendang 1 kasus di Desa Besakih, Kecamatan Selat 1 kasus di Desa Duda dan Kecamatan Sidemen 2 kasus di Desa Kertha Buana dan Desa Tri Eka Buana.

Hanya disertai 13 pasien yang sembuh, angka itu kurang signifikan, dibandingkan munculnya kasus baru. Kesembuhan pasien itu di lima kecamatan: Kecamatan Bebandem 2 orang, Kecamatan Karangasem 7 orang, Kecamatan Kubu 1 orang, Kecamatan Rendang 2 orang dan Kecamatan Selat 1 orang. "Sedangkan pasien yang masih dirawat tinggal 155 orang," katanya. *k16

loading...

Komentar