nusabali

Mas Sumatri Siap Jalani Tes Kesehatan

Kondisi Kesehatan Cawabup Made Sukerana Membaik

  • www.nusabali.com-mas-sumatri-siap-jalani-tes-kesehatan

Mas Sumatri juga telah menerima surat rekomendasi dari KPU Karangasem sebagai surat pengantar menjalani tes kesehatan di RSUP Sanglah.

AMLAPURA, NusaBali

Calon Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, yang diusung Koalisi Karangasem Hebat (KKH) II siap jalani tes kesehatan yang dijadwalkan di RSUP Sanglah Denpasar, Rabu (9/9). Sedangkan kondisi kesehatan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Karangasem, I Made Sukerana, semakin membaik sejak dinyatakan positif Covid-19, Jumat (4/9) lalu.

Mas Sumatri belakangan ini lebih menjaga kondisi agar tetap bugar, dan menjaga berat badan, hingga memasak sendiri sesuai menu yang diinginkan. "Saya sudah siap menjalani tes kesehatan sesuai yang disyaratkan," ujar Cabup I Gusti Ayu Mas Sumatri di kediamannya Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Minggu (6/9).

Nantinya petugas medis yang menangani tes kesehatan Cabup Mas Sumatri, di antaranya dr I Gede Ken Wira Sandhi, Immanuel dan lain-lain. Mas Sumatri juga telah menerima surat rekomendasi dari KPU Karangasem sebagai surat pengantar menjalani tes kesehatan di RSUP Sanglah. Selain itu telah dapat panduan sebelum menjalani tes kesehatan.

Cabup-Cawabup Karangasem yang hendak menjalani tes kesehatan mesti memperhatikan beberapa hal, seperti sehari sebelum menjalani tes tidak diperkenankan melakukan aktivitas fisik berlebih, puasa dijalani sejak pukul 22.00 Wita hanya diperkenankan minum air putih. Bagi yang sedang menjalani pengobatan karena penyakit tertentu diperbolehkan minum obat asalkan saat menjalani tes kesehatan membawa obat yang sedang dikonsumsi.

Peserta katanya, setiba di RSUP Sanglah pukul 06.30 Wita diwajibkan minum air putih dua gelas agar nantinya lebih banyak dapat sampel urine untuk dites lebih lanjut. Surat administrasi yang dibawa, yakni KTP dan riwayat pendidikan terakhir dan tempat tinggal. Bagi yang menggunakan lensa kontak agar dilepas 24 jam sebelum menjalani tes kesehatan. "Hanya saja, bagi wanita tidak diperkenankan saat menjalani tes kesehatan sedang menstruasi tujuannya agar dapat hasil optimal," katanya.

Di samping itu peralatan yang mesti dibawa, seperti pensil 2 B untuk mengikuti tes psikiatri, dan selama menjalani tes tidak boleh didampingi. "Selain menjalani tes kesehatan secara menyeluruh, juga menjalani tes narkoba, makanya sampel urine mau diambil," kata Cabup Mas Sumatri.

Sedangkan kondisi Cawabup Made Sukerana yang masih menjalani karantina di RS Bali Mandara Denpasar, menurut istrinya, Nyonya Somawati Sukerana, berangsur membaik sejak menjalani karantina, Jumat (4/9).

Sukerana dinyatakan positif Covid-19 awalnya hendak berobat dengan gejala tipes, di samping wajib menjalani tes swab sebagai syarat administrasi pendaftaran ke KPU. Ternyata hasil tes swab diterima, Jumat (4/9) dinyatakan positif. Sukerana pun batal ikut mendampingi Cabup I Gusti Ayu Mas Sumatri saat mendaftar.

"Tetapi kondisinya terus membaik, kemungkinan menjalani tes swab lagi, Senin (7/9)," jelas Nyonya Somawati Sukerana. Pasangan I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Made Sukerana (Massker) diusung KKH II, terdiri atas Golkar dengan 11 kursi, NasDem dengan 9 kursi, Gerindra dengan 5 kursi, Perindo dengan 2 kursi, Demokrat dengan 2 kursi dan PKS dengan 1 kursi, total 30 kursi di DPRD Karangasem. Paket Massker akan tarung head to head dengan pasangan I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa (Dana-Dipa) yang diusung koalisi PDIP dengan 12 kursi dan Hanura dengan 3 kursi, sehingga total 15 kursi. *k16

loading...

Komentar