nusabali

Belanda Puncaki Klasemen

Gol Steven Bergwijn Taklukkan Polandia

  • www.nusabali.com-belanda-puncaki-klasemen

Lodeweges pelatih pertama yang memberikan kemenangan pada laga perdananya dengan timnas Belanda. Sedangkan pelatih terakhir yang melakukannya, Frank Rijkaard pada 1998.

AMSTERDAM, NusaBali

Timnas Belanda sukses mengalahkan Polandia 1-0, pada laga Grup 1 Liga A UEFA Nations League, di Johan Cruijf Arena, Sabtu (5/9) dinihari Wita. Gol kemenangan Tim Oranye dicetak Steven Bergwijn pada menit ke-61. Hasil itu jadi pencapaian tersendiri bagi pelatih sementara Belanda, Dwight Lodeweges.

Ya, Lodeweges jadi pelatih pertama yang memberikan kemenangan pada laga perdananya dengan timnas Belanda. Sedangkan pelatih timnas Belanda terakhir yang mampu melakukannya adalah Frank Rijkaard pada 1998.

Lodeweges menangani timnas Belanda, setelah Ronald Koeman mengundurkan diri demi menangani Barcelona. Mantan pelatih JEF United Chiba dan Heerenveen itu mengaku terkejut ternyata mampu menorehkan rekor tersendiri.

“Saya tidak tahu. Hal itu sudah begitu lama terjadi,” ujar pelatih 62 tahun itu kepada NOS. Lodeweges mengakui pertandingan pertandingan ini tak mudah untuk dilalui timnya, karena Polandia sangatlah kuat. Menurutnya, laga tersebut sangat membingungkan, namun memang begitulah cara Polandia bermain.

“Saya pikir yang hilang dari mereka adalah Robert Lewandowski, karena jika tidak maka mereka bermain dengan lengkap,” kata Lodeweges.

Performa Belanda itu disebut Lodegewes membuat Ronald Koeman puas, terutama di babak kedua. Rupanya Koeman masih memperhatikan performa Belanda meski sibuk mempersiapkan Barcelona menghadapi musim baru.

Menurut Lodeweges, babak pertama timnya tidak bermain bagus. Kurang gesit membangun permainan. AKibatnya, sulit membongkar pertahanan lawan dengan formasi 4-5-1. Namun dia senang mampu lebih baik di babak kedua.

"Tentu saja saya berharap kami bisa menang 3-0 atau 4-0 malam ini, tapi Anda harus bisa mencetak gol cepat. Saya rasa kami bisa puas dengan kemenangan 1-0 ini, setelah tidak bermain bareng selama 9 bulan,"kata Lodeweges.

Tiga poin tersebut membawa Belanda memuncaki klasemen. Dari sisi penampilan, Belanda tampil agresif dengan 14 tekanan langsung ke gawang, empat di antaranya on goal dan menguasai 64 persen ball possesion. Sedangkan Polandia di dasar klasemen tanpa poin. Hasil lainnya Grup 1 Liga A, Italia diimbangi Bosnia & Herzegovina 1-1, di Stadion Artemio Franchi, Florence, Sabtu dinihari Wita. *

loading...

Komentar