nusabali

Lawan Bulgaria Jadi Ujian Mental Pemain Timnas U-19

  • www.nusabali.com-lawan-bulgaria-jadi-ujian-mental-pemain-timnas-u-19

ZAGREB, NusaBali
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengakui timnya buta kekuatan Bulgaria, Arab Saudi, dan Kroasia. NET

Meski tak mentargetkan kemenangan, namun Shin Tae-yong yakin hal itu akan memberikan dampak positif bagi pemain asuhannya.

Ya, Timnas U-19 akan tampil pada International U-19 Friendly  Tournament, dimana laga pertama melawan Bulgaria pada Sabtu (5/9), lalu Kroasia, Selasa (8/9), dan Arab Saudi, Jumat (11/9).  Shin Tae-yong tak berharap banyak timnya meraih hasil bagus pada tiga laga tersebut.

Namun Shin Tae-yong ingin pemainnya mendapat pelajaran berharga saat menghadapi lawan yang kekuatannya relatif tak diketahui. Dia juga juga menyambut ditundanya turnamen ini selama tiga hari. Jadwal awal, seharusnya Timnas U-19 menghadapi Kroasia pada Rabu (2/9). Namun terjadi perubahan dan laga perdana Timnas U-19 digeser pada Sabtu (5/9).

"Memang jujur kami belum tahu kualitas lawan yang nanti akan kami hadapi di sini. Namun itu justru bagus untuk menguji fisik dan mental pemain," kata Shin Tae-yong, dalam video yang dirilis PSSI, Jumat (4/9).

Pasalnya, Shin menjalankan program latihan secara bertahap, dan intensitas latihan akan ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Meski begitu, jadwal Timnas U-19 sebenarnya cukup padat karena aktivitas dilakukan mulai pagi, sore, dan malam.

Sedangkan soal latihan keras, karena Shin Tae-yong ingin meningkatkan kemampuan fisik para pemain Timnas U-19 agar siap bermain fight selama 90 menit. Dia memang berkali-kali mengatakan, fisik pemain Indonesia kurang bagus.

Di satu sisi, latihan itu diyakini akan membuat para pemain tak bisa bermain 100 persen dalam ajang International U-19 Friendly Tournament. Lalu lanjut menghadapi tiga uji coba melawan Bosnia dan Herzegovina, Qatar, dan Dinamo Zagreb.

"Saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas yang tinggi dengan menu fisik yang sangat keras," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menilai, pertandingan nanti bakal tidak mudah bagi timnya. Namun dia ingin membentuk mental dan tim masih terus berproses.  DIa menyatakan tak masalah jika Timnas U-19 tak meraih hasil maksimal. DIa lebih mementingkan fisik para pemainnya bisa meningkat selama pemusatan latihan di Eropa. *

Komentar