nusabali

Jaya-Wira Daftar Pertama ke KPU Tabanan, Rombongan Dibagi 2 Shif

  • www.nusabali.com-jaya-wira-daftar-pertama-ke-kpu-tabanan-rombongan-dibagi-2-shif

TABANAN NusaBali
Pasangan Cabup-Cawabup I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) mendaftar pertama kali ke KPU Tabanan di Jalan PB Sudirman Nomor 1, Banjar Dangin Carik, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Jumat (4/9) pukul 09.36 Wita.

Pasangan yang diusung PDIP-Gerindra-PSI ini tak melibatkan massa banyak.  Sebelum mendaftar, Paslon Jaya-Wira mengikuti upacara mejaya-jaya di Kantor DPC PDIP Tabanan dan dilanjutkan pengukuhan tim pemenangan Jaya-Wira pukul 08.00 Wita. Prosesi dipimpin Ida Pandita Mpu Rsi Siwa Putra Sanatana Daksa Manuaba dari Griya Agung Banjar Utu, Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Setelah mengikuti rangkaian acara di Kantor DPC PDIP Tabanan Jalan Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, rombongan Jaya-Wira langsung menuju ke Kantor KPU Tabanan. Namun, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 rombongan yang berangkat dibagi 2 shif. Shif pertama berangkat 15 orang yang terdiri dari paslon, istri paslon, pengurus partai, LO dan petugas inti terkait pendaftaran.

Kemudian selang 10 menit shif kedua pendukung Jaya-Wira termasuk pendukung dari Gerindra dan PSI yang bergerak dari Kantor DPC PDIP Tabanan lalu stand by di Lapangan Alit Saputra kawasan Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan.

Proses pendaftaran berlangsung 1 jam. Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa, menjelaskan berkas yang dibawa paslon Jaya-Wira sudah lengkap. Tinggal KPU Tabanan melakukan keabsahan berkas. "Contohnya seperti melakukan keabsahan ijazah yang menjadi syarat pendaftaran calon," ujarnya.

Kata dia, dari berkas Jaya-Wira, KPU kemungkinan akan melakukan keabsahan data sampai ke Jakarta. Sebab ijazah S1 Cawabup, I Made Edi Wirawan, ijazahnya tamatan sebuah universitas di Jakarta. Setelah mendaftar ke KPU, sore kemarin Paslon Jaya-Wira gelar deklarasi virtual bersama Cabup-Cawabup lainnya yang diusung PDIP di 5 kabupaten/Kota di Bali.

Deklarasi yang diselenggarakan mulai pukul 17.00 Wita ini juga berlangsung di 10 PAC PDIP sampai di 133 tingkat ranting PDIP se Tabanan. Usai deklarasi secara virtual, Paket Jaya-Wira menyampaikan visi-misi yang diusung, yakni Nangun Sat Kertih Loka Bali melalui pembangunan semesta berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani.

Calon Bupati, IKG Sanjaya, menjelaskan deklarasi digelar serentak sesuai dengan arahan DPD PDIP Provinsi Bali. Sanjaya menyampaikan visi-misi yang diusung adalah Nangun Sad Kertih Loka Bali melalui pembangunan semesta berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. "Madani ini artinya beradab, memiliki akhlak, budi pekerti, perbuatan yang baik. Artinya masyarakat yang mapan," tegasnya.

Tak lupa juga Sanjaya menyebutkan rencana program jangka panjang yang akan diterapkan tetap bertumpu pada sektor pertanian. Maka dari itu Jaya-Wira akan menjadikan pertanian sebagai tulang punggungnya pembangunan di Tabanan.

Sementara mengenai target kemenangan Sanjaya belum bisa disampaikan. Namun bercermin dari Pilkada Eka-Jaya, hasil Pileg 2019 bahwa kursi PDIP di Tabanan dari 40 kursi bisa menguasai 28 kursi atau setara dengan 70 persen. Selain itu PDIP juga mendapat amunisi dari Gerindra dan PSI. "Jadi itu kekuatan dasar kami untuk memenangkan Pilkada 2020 ini," tegasnya. *des

Komentar