nusabali

Ujian Taktik Tanpa Koeman

Belanda vs Polandia, Sabtu Dinihari

  • www.nusabali.com-ujian-taktik-tanpa-koeman

Ronald Koeman berperan besar dalam mengelola dan kami lebih terlibat pada tugas dasar. Bagaimana kami bermain? Bagaimana kami menerapkan cara latihan bersama? Hal itu berjalan dengan sangat baik dan kami tinggal melanjutkan.

AMSTERDAM, NusaBali
Belanda akan menjamu Polandia, pada laga perdana Liga A Grup 1 Kompetisi UEFA Nations League (Liga Negara Eropa) musim 2020/2021 di Stadion Johan Cruijff, Amsterdam, Sabtu (5/9) dinihari Wita. Pelatih interim, Dwight Lodeweges mengaku timnya kehilangan sosok Ronald Koeman yang hengkang ke Barcelona. Namun, kata Lodeweges, dia percaya adaptasi Memphis Depay dkk terhadap taktiknya akan berlangsung cepat.

“Ronald [Koeman] telah pergi. Namun, sepakbola terus berlanjut. Ini sangat menarik, tetapi saya di sini sudah lama. Ini bukan awal dari karier saya,” kata Lodeweges, di Amsterdam, Kamis (3/9).

Berbekal pola permainan yang dibangun sebelumnya, Lodeweges meyakini tugasnya kini tinggal melanjutkan. Menurutnya, dua setengah tahun lalu dia dan Koeman memulainya dengan bagus dan semua turut berkontribusi.

“Ronald berperan besar dalam mengelola dan kami lebih terlibat pada tugas dasar. Bagaimana kami akan bermain? Bagaimana kami menerapkan cara latihan bersama? Hal itu sudah berjalan dengan sangat baik dan kami tinggal melanjutkan,” ucap Lodeweges.

Di lain pihak, Polandia tak akan diperkuat kapten sekaligus penyerang andalannya, Robert Lewandowski. Menurut pelatih Jerzy Brzeczek, penyerang Bayern Munchen itu mesti istirahat usai memenangkan trofi Liga Champions.

“Saya berbicara dengan Robert [Lewandowski] dan kami memutuskan, ini waktu yang tepat baginya untuk beristirahat lebih lama,” kata Berzeczek.

Dari 15 kali pertemuan, Belanda menang 6 kali sedangkan Polandia tiga kali kemenangan. Enam laga lainnya berakhir seri. Jika merujuk pada catatan tersebut dan materi pemain yang dibawa, tuan rumah Belanda diprediksi mampu meraih kemenangan. Namun menghadapi Polandia jadi tugas berat pertama Lodeweges untuk meraih kemenangan. Sebagai finalis pada tahun pertama UEFA Nations League Belanda memiliki target juara pada edisi kedua ini. Kemenangan atas Polandia akan jadi modal besar bagi Belanda pada laga kedua saat menjamu Italia.

Polandia juga datang dengan kekuatan terbaik menjalani dua laga pembuka pada UEFA Nations League. Langsung bertemu lawan berat pada laga pertama, pelatih Polandia tetap antusias dengan peluang timnya. Para pemain terbaik Polandia akan langsung turun sejak menit pertama.

Pada gelaran UEFA Nations League edisi terakhir, tim Belanda asuhan Ronald Koeman merupakan tim runner-up. Mereka gagal menjadi juara usai kalah atas Portugal dengan skor 1-0 di Estádio do Dragão, Porto. *

Komentar