nusabali

Sambangi Pasangan Calon, Kapolres Ingatkan Tidak Ada Pengerahan Massa

  • www.nusabali.com-sambangi-pasangan-calon-kapolres-ingatkan-tidak-ada-pengerahan-massa

BANGLI, NusaBali
Pendaftaran pasangan calon bupati dan calon wakil bupati akan dibuka pada Jumat (4/9) hari ini.

Jelang pendaftaran, jajaran Polres Bangli dan Kodim/1626 Bangli menyambangi masing-masing pasangan calon di kantor DPC PDIP Bangli, DPD II Golkar Bangli, Kamis (3/9). Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan menegaskan saat pendaftaran tidak ada pengerahan massa.

Jajaran Polres Bangli dan Kodim Bangli saat di kantor DPC PDIP diterima Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, sedangkan di kantor DPD II Partai Golkar diterima oleh Ketua DPD Golkar Bangli, I Gusti Made Winuntara.

Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan menyampaikan, menjelang pelaksanaan pendaftaran di KPU Bangli, pihaknya bersama jajaran Kodim/1626 Bangli menyambangi pasangan calon. Hal ini dimaksudkan untuk koordinasi terkait teknis pelaksanaan pendaftaran. Selain itu mengimbau pasangan calon maupun partai pengusung tetap melaksanakan protokol kesehatan. "Imbauan dari KPU provinsi bahwa bakal calon yang mendaftar tidak diperkenankan untuk mengerahkan massa. Kami juga mengimbau tetap menjaga situasi kamtibmas kondusif," ungkapnya.

Menurut mantan Kapolres Mappi, Papua ini untuk salah satu pasangan calon akan melaksanakan persembahyangan bersama sebelum pendaftaran. Untuk persembahyangan melibatkan cukup banyak orang, namun demikian dalam pendaftaran jumlah yang terlibat terbatas. "Yang ikut dalam pendaftaran yakni pasangan calon, ketua, sekretaris partai pengusung. Kedua pasangan calon akan melibatkan 15 orang saja," sambungnya.

Disinggung terkait pengamanan, AKBP Gusti Dhana mengatakan jajaran Polres Bangli dan Kodim/1626 akan mengerahkan ratusan personel. Pengamanan dilaksanakan di areal KPU, jalur yang bakal dilewati pasangan calon, sekretariat partai atau titik kumpul pasangan calon. "Untuk Polres Bangli mengerahkan 154 personel. Personel yang dikerahkan untuk pengamanan disesuaikan dengan tahapan Pilkada," jelasnya.

Lebih lanjut, jumlah personel untuk pengamanan disesuikan dengan tahapan Pilkada, baik pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, hingga pemungutan dan penghitungan suara. Kemudian untuk pelaksanan pengutan suara nanti Polres Bangli akan diback up Brimob Polda Bali, Polres Gianyar, Polres Klungkung dan Polres Buleleng.

Sementara itu Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf I Gde Putu Suwardana menambahkan untuk Kodim Bangli telah mempersiapkan personel. Pada tahapan pendaftaran akan melibatkan 100 personel. Untuk pemungutan suara nanti Kodim Bangli juga akan diback up Kodam/IX Udayana. Disisi lain, ditengan pandemi Covid-19, pihaknya bersama Polres Bangli intensif untuk melakukan patroli. "Kami intensif melakukan patroli, terlebih kaitannya penerapan protokol kesehatan. Kami tidak ingin jumlah kasus Covid-19 meningkat. Mengingat nantinya akan ada banyak kegiatan yang bersinggungan antar masyarakat, ada kumpul-kumpul. Kami mengimbau juga pasangan calon dan partai pengusung mengikuti protokol kesehatan," imbuhnya.

Disisi lain, terkait pelaksanaan pendaftaran dari PDIP dan partai pengusung akan mendaftarkan pasangan calon sekitar pukul 10.00 Wita. Sebelum pendaftaran akan diawali dengan sembahyan bersama di Pura Kehen. Sedangkan pasangan calon Partai Golkar akan mendaftar sekitar pukul 13.00 Wita. *esa

loading...

Komentar