nusabali

Lonjakan Tajam di Karangasem 32 Kasus Baru Positif Covid-19

Akhirnya Semua Desa/Kelurahan Terpapar

  • www.nusabali.com-lonjakan-tajam-di-karangasem-32-kasus-baru-positif-covid-19

AMLAPURA, NusaBali
Terjadi lonjakan tajam mencapai 32 kasus baru positif Covid-19 di Karangasem. Ini merupakan rekor tertinggi sejak pandemi Covid-19 terjadi. Bahkan seluruh desa/kelurahan dari 78 desa/kelurahan yang ada telah terpapar.

Dari 32 kasus positif kali ini tersebar di 6 kecamatan, dan 15 desa. Hanya saja tracing belum dilakukan petugas, mengingat banyaknya wilayah terpapar positif Covid-19. Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, Rabu (2/9) mengatakan, banyaknya kasus positif yang muncul dalam satu hari, mengagetkan semua pihak. Sebelumnya ledakan kasus terjadi Rabu (29/7) sebanyak 28 kasus positif hingga menyebabkan Karangasem masuk zona merah ranking 1 nasional, per 2 Agustus. Sebelum itu, terjadi Kamis (16/7) sebanyak 20 kasus positif.

Kali ini sebanyak 32 kasus positif, merupakan rekor tertinggi di Bali, saingannya Buleleng dengan 31 kasus positif, Denpasar dengan 27 kasus positif, Gianyar dengan 25 kasus positif, Badung dengan 18 kasus positif.

Sehingga petugas Tim Surveilans mulai Kamis (3/9) melakukan tracing di enam kecamatan: Kecamatan Abang, Kecamatan Bebandem, Kecamatan Karangasem, Kecamatan Kubu, Kecamatan Manggis dan Kecamatan Rendang.

Dari 6 kecamatan yang terpapar positif Covid-19, tersebar di 15 desa, yakni: Kecamatan Karangasem: Desa Bugbug sebanyak 3 kasus, Kelurahan Karangasem sebanyak 3 kasus, Kelurahan Padangkerta sebanyak 1 kasus, Desa Seraya Barat sebanyak 2 kasus dan Kelurahan Subagan sebanyak 5 kasus.

Kecamatan Abang tersebar di Desa Labasari 5 kasus, Desa Tiyingtali 2 kasus, dan Desa Tri Buana 2 kasus, Kecamatan Bebandem di Desa Bungaya Kangin sebanyak 1 kasus, di Kecamatan Kubu di Desa Baturinggit 1 kasus dan Desa Kubu 1 kasus, Kecamatan Manggis di Desa Ulakan 2 kasus, Desa Pesedahan 1 kasus, dan Desa Ngis 1 kasus, dan Kecamatan Rendang di Desa Pempatan 1 kasus.

Selain munculnya kasus baru, juga disertai 22 orang sembuh, yang tersebar di Kecamatan Abang sebanyak 6 orang, Kecamatan Bebandem sebanyak 1 orang, Kecamatan Karangasem sebanyak 10 orang, Kecamatan Kubu sebanyak 1 orang, Kecamatan Manggis sebanyak 3 orang, dan Kecamatan Rendang sebanyak 1 orang. Terakumulasi positif telah mencapai 430 orang, yang sembuh sebanyak 333 orang sedangkan yang menjalani perawatan sebanyak 97 orang.  *k16

Komentar