nusabali

Proyek Panggung Terbuka Ceningan Dimulai

Sempat Tertunda Karena Refocusing Anggaran

  • www.nusabali.com-proyek-panggung-terbuka-ceningan-dimulai

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta secara resmi meletakkan batu pertama atau ground breaking pembangunan panggung terbuka (open stage) di Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (2/9) pagi.

Panggung ini berlokasi di sebelah selatan Jembatan Kuning yang menghubungkan Nusa Lembongan dengan Pulau Nusa Ceningan.  Luas bangunan 688 m2 di tanah seluas 6,9 are dengan anggaran Rp 1,9 miliar. Dalam acara itu, Bupati didampingi Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Anom, tokoh masyarakat, dan undangan terkait. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, pembangunan panggung terbuka ini menjadi pendukung pariwisata di Nusa Penida. Panggung ini nantinya menjadi tempat untuk menampilkan atraksi-atraksi seni dan budaya.

“Sebagai pelengkap pariwisata di Nusa Penida, panggung ini akan menyuguhkan garapan seni tradisional maupun kontemporer, ciptaan para seniman Nusa Penida,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menjelaskan, pembangunan panggung terbuka ini dibuat dengan harapan wisatawan yang datang ke Nusa Penida kembali mengalami peningkatan setelah mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Tentunya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Begitu selesai, panggung ini dibangun, masyarakat bisa memanfaatkan. Sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan baik kelompok seni maupun masyarakat pada umumnya,”jelas Bupati Suwirta. Bupati minta kepada perbekel untuk menyiapkan kelompok-kelompok seni setempat.

Panggung terbuka ini dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementeian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan anggaran Rp 1,9 miliar lebih, dikerjakan CV Cahya Pramana Arta. Kontrak kerja selama 100 hari kalender dengan kontraktor pengawas CV Jaya Desain. “Sebelumnya, proyek ini sempat tertuda karena refocusing anggaran. Syukurnya, anggaran dikembalikan lagi untuk pembangunan panggung terbuka Ceningan ini,” imbuh Bupati Suwirta. *wan

Komentar