nusabali

Bupati Buleleng Lantik Tiga Pejabat Eselon II

dr Arya Nugraha jadi Dirut RSUD Buleleng

  • www.nusabali.com-bupati-buleleng-lantik-tiga-pejabat-eselon-ii

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak tiga pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng akhirnya dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, Rabu (2/9) pagi kemarin.

Pelantikan tiga pejabat eselon II itu merupakan hasil seleksi Jabatan Tinggi Pratama (JPT) yang telah dilakukan panitia seleksi (pansel) sejak awal Agustus 2020 lalu. Tiga pejabat yang dilantik yakni Kepala Dinas Sosial I Putu Kariaman Putra, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Made Astika dan Dirut RSUD Buleleng dr Putu Arya Nugraha, SpPD. Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana ditemui usai pelantikan di Lobi Athiti Wisma, Kantor Bupati Buleleng, mengatakan tiga pejabat baru memiliki tugas yang berat pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Ini semuanya tugasnya berat-berat terlebih dalam pandemi Covid-19 ini. Segera harus berbenah di bidang masing-masing,” kata Agus Suradnyana. Seperti Kepala Dinas Sosial disebutnya lebih rinci, harus mulai menyusun dan memperbaiki data base yang benar dan sesuai, sehingga data base masyarakat terkait data kemiskinan tidak kembali memicu kisruh karena kurangnya update datang yang dilakukan. “Biar tidak kisruh terus harus punya data terupdate terus berat tugasnya, setiap bulan data itu harus diupdate,” tegasnya.

Tugas berat juga menanti Dirut RSUD Buleleng baru. Pejabat baru seorang dokter yang masih berusia relatif muda yakni 45 tahun akan memikul beban berat tak hanya dalam penanganan pasien Covid-19, tetapi juga punya PR untuk menggenjot pendapatan RSUD yang saat ini sedang anjlok. “Harus segera ada langkah terstruktur perbaiki managemen, peralatan medis dan juga infrastruktur bangunan kedepannya,” kata Bupati asal Desa Banyuatis Kecamatan Banjar, Buleleng ini.

Sedangkan khusus untuk Kepala Disdikpora Buleleng Agus Suradnyana berpesan untuk segera membuat skema pembelajaran pada masa pandemi ini. Inovasi pembelajaran yang masih merujuk pola daring diharapan lebih variatif tak melulu soal pelajaran sesuai kurikulum. Sehingga siswa yang sudah tak aktif ke sekolah selama satu semester lebih tak bosan dan tetap menikmati belajar dari rumah. “Disdik harus pertimbangkan keluahan adik-adik yang belajar di dari rumah, mungkin bisa dibuat skema kuis agar lebih menarik dibuat berdasarkan kearifan lokal,” saran Bupati PAS.

Selain melantik tiga pejabat eselon II, pada hari yang sama juga dilantik 6 orang pejabat eselon III dan 2 orang pejabat eselon IV.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng, Gede Wisnawa menyebutkan seleksi terbuka pada tiga posisi JPT dilakukan segera dan transparan. Mengingat, tiga posisi tersebut sangat penting utamanya di masa pandemi ini. Semuanya berpengaruh sangat besar. “Kita bekerja ekstra guna mempercepat pengisian jabatan eselon II tersebut,” sebutnya.

Mantan Sekretaris DPRD ini menambahkan untuk eselon III dan IV memang belum semua terisi. Masih ada beberapa yang kosong. Ini dikarenakan pandemi juga. Nantinya, masih ada pengisian-pengisian terhadap eselon-eselon di bawah. “Akan diserahkan kepada pimpinan SKPD untuk mengusulkan karena yang mengetahui kinerjanya adalah pimpinan SKPD. Setelah itu ada kajian dari tim sehingga sesuai dengan kompetensi yang dimiliki,” jelas Wisnawa. *k23

loading...

Komentar