nusabali

Masa Pandemi, Transaksi Narkoba Marak via Online

  • www.nusabali.com-masa-pandemi-transaksi-narkoba-marak-via-online

GIANYAR, NusaBali
Masa pandemi Covid-19 mempengaruhi modus transaksi peredaran gelap narkotika. Yakni marak lewat online hingga dikirim lewat jasa pengiriman.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala BNNK Gianyar, AKBP I Gusti Agung Alit Adnyana saat ditemui, Rabu (2/9). Dalam kesempatan itu, perwira polisi asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, Badung yang baru menjabat Kepala BNNK Gianyar sejak 7 Agustus 2020 ini menyampaikan justru pengungkapan kasus narkoba naik di masa pandemi. “Di masa pandemi ini peredaran (narkoba,Red) tidak lagi di tempat-tempat umum. Tetapi melalui agent-agent online yang ada. Dikirim dari orangnya dan pemesan disuruh ambil di agent online,” paparnya.

Dengan demikian BNN dituntut lebih lihai dalam mendeteksi penyebarannya, lantaran transaksi dilakukan terlebih dahulu. “Kita masih mempelajari celah itu dan mengungkapnya secara IT, karena kejahatan sudah maju kita harus selangkah lebih maju,” tandasnya.

AKBP Agung Alit Adnyana juga menyampaikan kejahatan narkoba diandaikan sebuah gunung es. Dimana permukaannya terlihat kecil, namun di dasarnya sangatlah lebih besar. Sehingga beberapa langkah telah dilakukan pihaknya, salah satunya dengan cara sosialisasi melalui media sosial.

“Kita tetap berikan sosialisasikan meski di tengah pandemi bergerak melalui media sosial. Karena ancaraman narkoba itu tidak main-main dan sangat serius. Diandaikan merusak sebuah pohon, rusak dari akar hingga ke batangnya. Terlebih sekarang isi sel tahanan sekitar 60 sampai 65 persen isinya adalah kejahatan kasus narkoba. Baik itu pengedar, bandar, hingga pengguna ,” imbuh dia. *nvi

Komentar