nusabali

Bupati Suwirta Berobsesi Wisata Nusa Penida Berkelas Dunia

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-berobsesi-wisata-nusa-penida-berkelas-dunia

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berkomitmen membangun kawasan Nusa Penida menjadi destinasi wisata berkelas dunia.

Karena itu, Bupati minta semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) bersinergi dan berkerja secara maksimal untuk mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kecamatan Nusa Penida.

Hal itu ditegaskan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menghadiri rapat koordinasi rencana keterpaduan infrastruktur kawasan permukiman untuk mendukung KSPN, di Ruang Rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Selasa (1/9) pagi.

Bupati Suwirta juga menekankan sinergi tersebut untuk meningkatkan kualitas permukiman, mendukung aspek sosial, budaya, dan ekonomi. "Antar OPD juga harus terintregrasi dengan rasa memiliki," pinta Bupati Suwirta.

Lebih lanjut bupati bersama OPD dan tim satuan kerja yang lain akan berkomitmen membangun kawasan Nusa Penida menjadi tempat pariwisata berkelas dunia. Maka dari itu perlu adanya sarana-sarana pendukung dan atraksi-atraksi yang mengangkat budaya lokal. Adapun program pembangunan berupa sarana dan prasarana permukiman dimaksud, yakni pembangunan  jalan lingkar, pembangunan  jalan wisata alam (tracking), pembangunan pusat bisnis kawasan. Sarana penunjang pelayanan wisatawan menuju lokasi aneka produk hasil agro wisata, bangunan gedung, jalan lngkungan, penyediaan air minum. "Hingga pengolahan sampah, pengolahan air limbah, drainase lingkungan, ruang terbuka hijau, dan proteksi kebakaran," ujarnya.

Selain KSPN, Nusa Penida juga sudah ditetapkan sebagai Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT), Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN), dan lainnya. *wan

Komentar